Fauziyah, Laili (2012) Implementasi pembelajaran Ips berbasis multimedia untuk meningkatkan motivasi belajar Siswa Kelas IV B di Madrasah Ibtidaiyah Perguruan Mu’allimat Cukir Jombang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
08140067.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pembelajaran IPS berbasis multimedia merupakan suatu proses belajar mengajar yang dilakukan dengan cara menggunakan bantuan komputer serta menggabungkan media gambar, gambar bergerak (animasi), video, suara maupun teks berjalan, sehingga pembelajaran tidak membosankan. Pembelajaran multimedia masih jarang dimanfaatkan oleh guru untuk mendukung pembelajaran IPS. Padahal jika diperkaya dengan menggunakan multimedia, pembelajaran IPS bisa lebih menarik dan lebih mudah dipahami sehingga siswa lebih termotivasi untuk belajar. Penggunaan multimedia di MI Perguruan Mu’allimat secara kualitas belum begitu terlihat, karena memang pihak madrasah belum menerapkan pembelajaran berbasis multimedia secara utuh, begitu juga dalam segi kuantitasnya. Dalam segi kuantitasnya, hanya beberapa guru saja yang menggunakan pembelajaran berbasis multimedia. Terbatas pada ketersediaan dan penggunaan peralatan.
Berdasarkan pada latar belakang diatas, maka permasalahan yang diteliti adalah: (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran IPS berbasis multimedia dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV B di MI Perguruan Mu’allimat Cukir Jombang?; (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran IPS berbasis multimedia dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV B di MI Perguruan Mu’allimat Cukir Jombang?; dan (3) Bagaimana penilaian pembelajaran IPS berbasis multimedia dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV B di MI Perguruan Mu’allimat Cukir Jombang?
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan solusi dari permasalahan tersebut, sehingga peneliti mengadakan penelitian dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian PTK ini termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis kolaboratif partisipatoris. Langkah-langkah dalam penelitian ini antara lain: 1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) pengamatan; dan (4) refleksi.
Dari hasil analisis data, menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran IPS berbasis multimedia ini mampu meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV B di MI Perguruan Mu’allimat Cukir Jombang. Siswa terlihat sangat antusias dalam mengikuti pembelajaran, begitu juga dari hasil post test pembelajaran yang merupakan salah satu indikator keberhasilan siswa dalam belajar menunjukkan hasil yang memuaskan. Terbukti dalam lembar observasi peningkatan motivasi belajar siswa yaitu mulai dari pre test 17 point, siklus I 19 point, siklus II 24 point, siklus III 32 point. Dari kenaikan point dapat diprosentasekan sebagai berikut: siklus I 11%, siklus II 41%, dan siklus III 88%. Rata-rata nilai juga mengalami peningkatan dari nilai pre test 67,9, siklus I 73,8, siklus II 81,5, dan siklus III 90,6.
ABSTRACT
IPS based multimedia learning is a teaching learning process is done by using computer assisted and incorporate media images, moving images (animation), video, sound and text to walk, so that learning will not seem boring. Multimedia learning is still rarely used by teachers to support learning IPS. In fact, if enriched with multimedia, social studies learning can be more attractive and easier to understand so that students are more motivated to learn. The use of multimedia in the quality of MI Perguruan Mu'allimat not so visible, because the school do not apply multimedia based learning as a whole, as well as in terms of quantity. In terms of quantity, only a few teachers who use multimedia based learning. Limited in availability and use of equipment.
Based on the above background, the problems examined are: (1) How IPS multimedia-based learning plan to improve students' motivation in IV B MI Perguruan Mu'allimat Cukir Jombang?; (2) How does the implementation of multimedia-based learning in social studies increased students' motivation in IV B MI Perguruan Mu'allimat Cukir Jombang?; and (3) How IPS multimedia-based learning assessment to improve students' motivation in IV B MI Perguruan Mu'allimat Cukir Jombang?
The purpose of this research was to find solutions to these problems, so the researcher conducted the research design using classroom action research (PTK). PTK wais included in the descriptive qualitative research with this type of collaborative participatory. The steps in this research include: 1) planning, (2) implementation, (3) observations, and (4) reflection.
From the analysis of data, showed that the implementation of IPS based multimedia learning is able to enhance student's motivation in IV B MI Perguruan Mu'allimat Cukir Jombang. Students seemed very enthusiastic in participating in learning, as well as learning from the post test, which is one indicator of student success in learning showed a satisfactory result. Evident in the observation sheet that increasing student's motivation from pre test 17 points, cycle I 19 point, cycle II 24 point, cycle III 32 points. Of the increase point will be percentaged as follows: cycle I 11%, cycle II 41%, and cycle III 88%. The average value also increased from pre test value of 67.9, cycles I 73.8, cycle II 81.5, and cycle III 90.6.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Efiyanti, Alfiana Yuli | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pembelajaran IPS; Multimedia Interaktif; Motivasi Belajar; Learning Social Studies (IPS); Multimedia Interaction; Motivation | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 10 Feb 2023 11:33 | ||||||
Last Modified: | 10 Feb 2023 11:33 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46440 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |