Faizah, Fitrotul (2010) Pengaruh Strategi Contextual Teaching and Learning terhadap prestasi belajar siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06130057.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Sebagaimana karena pembelajaran merupakan salah satu tugas utama guru, dimana pembelajaran dapat diartikan sebagai kegiatan yang ditujukan untuk membelajarkan siswa. Berdasarkan teori yang mengatakan bahwa CTL adalah suatu sistem pengajaran yang cocok dengan otak yang menghasilkan makna dengan menghubungkan muatan akademik dengan konteks dari kehidupan sehari- hari siswa.1 Pada kata-kata pengajaran CTL cocok dengan otak dengan menghubungkan muatan akademik adalah bahwa pengajaran CTL ini baik untuk pengajaran dan jika pengaruhnya baik maka secara tidak langsung akan berkaitan dengan hasil prestasi yang diperoleh oleh siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi pembelajaran kontekstual dalam pelajaran ekonomi dan sejauh mana pengaruh strategi pembelajaran kontekstual terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Nurul Jadid.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data adalah metode kuesioner (angket) dan metode dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS dengan jumlah sampel 60 siswa. Analisis data menggunakan prosentase dan regresi linier sederhana.
Guru mengangkat suatu permasalahan yang ada dilapangan yang berkaitan dengan mata pelajaran ekonomi, siswa diberi kesempatan untuk mengamati permasalahan yang telah dihadirkan oleh guru, selanjutnya siswa dipersilahkan oleh gurunya untuk bertanya tentang permasalahan yang dihadirkan guru pada awal pertemuan, Guru membagi kelompok belajar siswa menjadi kelompok- kelompok kecil dalam memecahkan permasalahan maupun dalam berdiskusi didalam kelas. Selanjutnya meggambarkan proses berjalannya ekonomi dalam suatu unit kecil atau negara baik didalam kelas maupun diluar kelas,
Guru membuka pertanyaan tentang permasalahan yang belum dimengerti oleh siswa dan guru memberi masukan dalam pertanyaan itu. Dalam sistem penilaian, guru tidak hanya menilai dari hasil ulangan akhir saja, namun penilaian guru mencakup pada proses pembelajaran yang telah berlangsung, dalam artian tidak mementingkan nilai akhir saja, namun mengutamakan pada proses.
Dari keseluruhan sampel sebanyak 60 siswa, yang mana pada strategi pembelajaran kontekstual didapatkan R-Sq sebesar 73,7% yang berarti bahwa ada pengaruh strategi pembelajaran kontekstual terhadap prestasi belajar siswa. berarti strategi pembelajaran kontekstual pengaruhnya besar terhadap prestasi belajar siswa dan siswa dapat menguasai mata pelajaran dengan baik. Untuk prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Nurul Jadid didapatkan prestasi siswa dalam empat kategori yaitu : kurang, baik, baik sekali, istimewa. Berdasarkan empat kategori tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa nilai siswa yang terdata semua di atas adalah dimulai dari nilai 65 sampai 90, jadi rinciannya adalah ada 31 anak yang memiliki nilai antara 60-75 dan ada 29 anak yang memiliki nilai antara 76-99. bisa dikatakan bahwa nilai semua siswa masuk dalam kategori baik dan baik sekali. Berdasarkan hasil di atas maka dapat dikatakan bahwa prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Nurul Jadid berada pada tingkat nilai yang baik. Disarankan agar siswa lebih berpartisipasi aktif dengan proses pembelajaran kontekstual, sehingga dapat meraih prestasi belajar dengan hasil yang maksimal.
ABSTRACT
As for learning is one of the main tasks of teachers, where learning can be defined as activities aimed at students to learn one. Based on the theory that CTL is a teaching system that matches the brain that produce meaning by connecting academic content to the context of everyday life of students.2 In the words of CTL suitable teaching with the brain by connecting the academic load is that the teaching of these CTL for both teaching and if the good effects it will indirectly related to the results obtained by the students' achievement.
This study aimed to find out how the application of contextual learning strategies in economics lesson and the extent of the influence of contextual learning strategies on student achievement on economic subjects of high school social studies class XI Nurul Jadid.
This research is quantitative. Methods of data collection is questionnaire method (questionnaire) and methods of documentation. The subjects were students of class XI IPS with a sample of 60 students. Analysis of data using percentages and simple linear regression.
The teacher held up an existing problem in the field related to economic subjects, students are given the opportunity to observe the problems that have been presented by the teacher, then students are welcome by his teacher to ask about the problems presented by teachers at the beginning of the meeting, teachers divide students into groups of study groups- small groups to solve the problem as well as in discussions in the classroom. Furthermore meggambarkan economies in the process of passing a small unit or the country either in class or outside class.
Teachers open the question about the problems that have not been understood by students and teachers to give input in question. In the assessment system, teachers are not only judging from the final test results only, but includes teacher assessment in the learning process that has lasted, in the sense that not just concerned with the final value, but the emphasis on process.
Of the total sample of 60 students, which at that contextual learning strategies obtained R-Sq of 73.7% which means that there is influence of contextual learning strategies on student achievement. meaningful contextual learning strategies big influence on student achievement and students can master the subject well. For student achievement on economic subjects at the high school student achievement Nurul Jadid obtained in four categories: less, well, very well, special.Based on these four categories, it can be concluded that the students who recorded all of the above is starting from the 65th until the 90th, so the details are there are 31 children who had values between 60-75 and there were 29 children who have a value between 76-99. can be argued that the value of all incoming students in good and excellent categories. Based on the above results we can conclude that student achievement on economic subjects in high school Nurul Jadid is at a good value. It is recommended that students participate more actively in the process of contextual learning, learning achievement in order to achieve maximum results.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Susilawati, Samsul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Strategi Pembelajaran Kontekstual; Prestasi Belajar | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 10 Feb 2023 11:22 | ||||||
Last Modified: | 10 Feb 2023 11:22 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46439 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |