Maghfiroh, Nelly (2010) Upaya peningkatan prestasi belajar melalui metode Quantum Teaching pada pelajaran PKN pada siswa kelas IV SDN Talang III. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07140048.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Suatu lembaga pendidikan akan dapat bersaing secara kompetitif apabila dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas. Guru memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas peserta didik terlepas seperti apapun latar belakang siswa didiknya. Karena itu guru dituntut menguasai metode pembelajaran yang sesuai dengan situasi dan kondisi siswa yang dihadapi. Fenomena yang terjadi di SDN Talang III Sumenep, ada beberapa hambatan, hambatan yang paling signifikan yaitu antusias siswa untuk belajar masih sangat rendah sehingga hasil belajarnya kurang memuaskan. Menyikapi permasalahan tersebut, maka perlu diterapkan metode yang lebih tepat. Untuk menanggulangi hal itu telah benyak konsep metode pembelajaran aktif yang ditawarkan. Metode pembelajaran aktif tampaknya merupakan salah satu jawaban atas permasalahan tentang rendahnya mutu atau kualitas pembelajaran di SDN Talang III Sumenep. Salah satunya adalah dengan menerapkan metode Quantum Teaching pada pelajaran ini, diharapkan prestasi belajar siswa terus meningkat dan hasil belajarnya akan memuaskan, sebab pada metode ini keaktifan siswa lebih di utamakan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan Quantum Teaching pada pelajaran PKN pada siswa kelas IV SDN Talang III Sumenep, (2) Bagaimana peningkatan prestasi belajar melalui metode Quantum Teaching pada pelajaran PKN pada siswa kalas IV SDN Talang III Sumenep, (3) Apa sajakah hambatan yang dihadapi dalam penerapan Quantum Teaching pada pelajaran PKN pada siswa kelas IV SDN Talang III Sumenep.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Urutan kegiatan penelitian ini mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Dalam pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisanya, penulis menggunakan aanalisis deskriptif kualitatif. Untuk uji keabsahan data penulis menggunakan teknik triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara maka penerapan Quantum teaching, mampu meningkatkan prestasi belajar siswa Berdasarkan dari hasil observasi yang dilakukan terdapat peningkatan prestasi belajar siswa yang semula nilai rata-rata dari pre test sebesar 6,55 pada siklus I ini meningkat menjadi 7,93 atau sekitar 4%. Sedangkan pada siklus II peningkatan prestasi belajar siswa yang semula nilai rata-rata pre test sebesar 6,55 pada siklus II ini meningkat menjadi 8,66 atau sekitar 35%. Hal ini menunjukkann bahwa 90% siswa berhasil meningkatkan prestasi belajar PKN dengan hasil belajar yang baik, walaupun selama penerapan masih mengalami beberapa hambatan, akan tetapi hal ini bukan berarti menafikan keberhasilan penerapan quantum teaching dalam pelajaran PKN pada siswa kelas IV di SDN Talang III Sumenep karena dalam penerapan quantum teaching telah menunjukkan hasilnya yaitu kegairahan dan kesenangan siswa dalam belajar, suasana yang terlihat dinamis dan siswa menjadi aktif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ulum, Mohammad Samsul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode; Quantum Teaching; Prestasi Belajar | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Meirisa Anggraeni | ||||||
Date Deposited: | 10 Feb 2023 12:45 | ||||||
Last Modified: | 16 May 2023 13:16 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46437 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |