Habib, Ahmad Muhinul (2010) Pengaruh gaya belajar siswa dan Kreatifitas Guru terhadap prestasi belajar Mata Pelajaran Ekonomi siswa kelas XI IPS MAN Tlogo Kabupaten Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06130056.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (887kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Prestasi belajar merupakan hasil dari apa yang telah dicapai oleh siswa setelah melakukan serangkaian aktivitas belajar yang berupa perubahan tingkah laku baik berupa kognitif, psikomotorik maupun afektif. Prestasi juga akan mempengaruhi langkah selanjutnya dari apa yang akan dilakukan oleh siswa, karena itulah berbagai macam cara siswa berusaha semaksimal mungkin untuk memperoleh prestasi yang baik. Akan tetapi pada kenyataanya sering tidak sesuai dengan apa yang diharapkan, dimana hasil belajar siswa belum tentu dapat dicapai dengan baik. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik yang datang dari dalam diri siswa sendiri (faktor internal) seperti gaya belajar siswa maupun yang datang dari luar diri siswa (faktor eksternal) seperti kreatifitas guru dalam menyampaikan materi pelajaran yang juga menjadi variabel dalam penelitian ini.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Menjelaskan besarnya pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi kelas XI.IPS MAN Tlogo Kab. Blitar. (2) Menjelaskan besarnya pengaruh kreatifitas guru terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi kelas XI.IPS MAN Tlogo Kab. Blitar. (3) Menjelaskan besarnya pengaruh gaya belajar siswa dan kreatifitas guru terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi kelas XI.IPS MAN Tlogo Kab. Blitar.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional, yaitu penelitian yang dituntut menggunakan angka mulai pengambilan data hingga penampilan dari hasilnya dan bertujuan untuk menemukan ada tidaknya hubungan antar variabel yang diteliti. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner/angket yang digunakan untuk mengetahui gaya belajar siswa dan kreatifitas guru yang dipersepikan siswa. Intrumen yang juga digunakan adalah dokumen, yaitu untuk mengetahui prestasi belajar siswa. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda.
Hasil regresi linier berganda menunjukan besarnya pengaruh sebagai berikut; (1) Pengaruh variabel gaya belajar terhadapa prestasi belajar menunjukkan adanya pengaruh positif signifikan yang ditunjukkan oleh besarnya =3,412 > =1,987 . (2) Pengaruh variabel kreatifitas guru terhadapa
prestasi belajar menunjukkan adanya pengaruh positif signifikan yang ditunjukkan oleh besarnya nilai =3,589 > =1,987. (3) Pengaruh variabel gaya belajar siswa dan kreatifitas guru terhadapa prestasi belajar sebagai variabel
terikat secara serentak menunjukkan adanya pengaruh positif signifikan yang
ditunjukkan oleh besarnya nilai = 31,301 > = 3,984.
ABSTRACT
Academic achievement is the result of what has been achieved by the student after conducting a series of learning activities through changes either in the form of cognitive behavior, psychomotor and affective. Achievement will also affect the next step is to be conducted by students, for a variety of ways that students try to obtain good performance. However, in reality often does not match what is expected, in which student learning outcomes can be achieved is not always better. This is influenced by several factors, both derived from the students themselves (internal factors) as well as student learning styles that students coming from outside themselves (external factors) such as the creativity of teachers in delivering the course material is also variable in this study.
The purpose of this study were (1) Explain the influence of learning styles on learning achievement of economic subjects XI.IPS class Tlogo MAN Kab. Blitar. (2) Describe the influence of teachers' creativity in the achievement of economic subjects XI.IPS class Tlogo MAN Kab. Blitar. (3) Explain the influence of students' learning styles and creativity of teachers on the academic achievement of economic subjects XI.IPS class Tlogo MAN Kab. Blitar
The approach used in this study is a quantitative approach to the type of correlational research, ie research that is required to use the numbers began to collect data until the emergence of the results and aims to find out if there is a relationship between the variables studied. The instrument used in this study was to questionnaires used to determine students' learning styles and creativity of teachers of students who dipersepikan. The instrument is also used in the document, namely to determine student achievement. analysis used in this study is multiple regression analysis.
The regression result shows the level of influence as follows: (a) Effect of learning style variables terhadapa learning achievement showed significant positive effects shown with magnitude = 3.412> = 1.987. (2) Effect of variable terhadapa creativity of teachers' learning achievement showed significant positive effects shown by the value = 3.589> = 1.987. (3) Effect of variable learning styles and creativity of teachers terhadapa student achievement as the dependent variable simultaneously showed a significant positive impact indicated by the value =
31.301> = 3.984.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Wahidmurni, Wahidmurni | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Gaya Belajar Siswa; Kreatifitas Guru dan Prestasi Belajar Student Learning Styles; Creativity of Teachers' Learning Achievement | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 10 Feb 2023 11:22 | ||||||
Last Modified: | 10 Feb 2023 11:22 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46436 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |