Sholeh, Khoirus (2010) Penerapan Strategi Marketing Mix dalam meningkatkan Usaha Kecil dan Menengah di Koperasi Trunojoyo Kabupaten Sampang Madura. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
09130052.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (356kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi marketing mix dan bagaimana partisipasi anggota dalam meningkatkan usaha Kecil menengah (UKM) di Koperasi Trunojoyo sehingga peneliti bisa mengetahui hasil dari penerapan strategi tersebut.
Teknik analisa data yang digunakan adalah setelah semua data yang diperlukan dalam penelitian ini terkumpul, maka selanjutnya data diolah dan disajikan dengan menggunakan teknik analisis deskriptif yaitu pengumpulan data berupa kata-kata, gambar, yang mana data tersebut berasal dari naskah, hasil wawancara, catatan lapangan, foto dan lain-lain. Hasil wawancara yang memungkinkan untuk direkam juga menjadi bahan analisis yang kemudian akan disajikan dalam bentuk tulisan.
Strategi yang diterapkan dalam meningkatkan usaha yanga ada di koperasi Trunojoyo menerapakan 4P (Produk, Harga, Promosi, Jalur Distribusi) yang dianggap mampu dalam memasarkan uasaha yang ada di koperasi tersebut yaitu terlihat dengan banyaknya para konsumen mendatangi koperasi melakukan transaksi seperti Penyewaan Gedung, Restoran hal ini tidak terlepas dari 4p yang telah diterapkan oleh koperasi
Partisipasi anggota dalam mengembangkan usaha yang ada di koperasi peran serta anggota dengan menambah modal melalui sumbangan pokok dan sumbangan sukarela dan sumbangan wajib dari setiap anggota itu sendiri selain hasil dari pada usaha yang ada di koperasi yaitu terbukti dengan semakin meningkatnya perkembangan pendapatan dari tahun ketahun.
Kemudian dari pada itu keberhasilan koperasi dari hasil penelitian yang dilakuakn dapat dilihat bahwa tidak hanya dengan 4p (Produk, Harga, Promosi, dan Jalur distribusi) saja tetapi seorang manajer juga sangat berperan penting dalam menjalankan : 1) Mempersiapkan rencana atau strategi bagi perusahaan/koperasi, 2) Melaksanakan rencana tersebut, 3) Mengadakan evaluasi, menganalisa dan mengawasi rencana tersebut dalam operasinya.
Selanjutnya saran yang dapat disampaikan oleh penulis dalah sebuah pelayanan yang memuaskan yang dapat dan saran atau masukan dari masyarakat luas agar keberadaan koperasi dapat exis selalu dan berkembang dengan pesat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Effendi, Evi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Marketing Mix; Koperasi; Usaha Kecil dan Menengah | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 10 Feb 2023 11:32 | ||||||
Last Modified: | 10 Feb 2023 11:32 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46434 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |