Responsive Banner

Penerapan Metode Keteladanan dalam meningkatkan Efektifitas belajar siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di MI Hasyim Asy’ari Pakis Kembar Malang

Nisita, Lucia (2007) Penerapan Metode Keteladanan dalam meningkatkan Efektifitas belajar siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di MI Hasyim Asy’ari Pakis Kembar Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Full text)
03110144.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (695kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK

Pendidikan sangatlah penting dalam kehidupan, tanpa adanya pendidikan seorang anak tidak bisa berkembang, baik secara kognitif, afektif dan psikomotorik. Untuk mencapai kemajuan yang diharapkan dalam pendidikan, maka anak dituntut untuk belajar. Dalam pendidikan tugas orang tua dan guru adalah sebagai pengarah dan transfermen serta penanam moral dan mental agama melalui proses pendidikan sejak si anak lahir. Pendidikan sebagai perolehan ilmu dapat dilakukan di sekolah maupun di luar sekolah. Namun yang menjadi persoalan saat ini adalah proses pendidikan yang dilakukan di sekolah mengalami banyak kegagalan karena hanya menekankan pada aspek affektif anak, jika demikian kenyataannya, maka jelas sekali bahwa nilai-nilai ajaran Islam hanya difahami sebatas pengetahuan saja dan tidak menumbuhkan kesadaran alamiah dan prilaku baik. Berdasarkan latar belakang tersebut, skripsi ini ditulis dengan judul “PENERAPAN METODE KETELADANAN DALAM MENINGKATKAN EFEKTIFITAS BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MI HASYIM ASY’ARI PAKIS KEMBAR MALANG”. Dengan rumusan masalah sebagai berikut: Bagaimana penerapan metode keteladanan terhadap siswa, bagaiaman menciptakan cara belajar mengajar yang efektif serta bagaimana penerapan metode keteladanan dalam meningkatkan efektifitas belajar siswa pada bidang studi pendidikan agama Islam di MI Hasyim Asy’ari Pakis Kembar Malang.

Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus sehingga analisis yang digunakan menggunakan analisis deskriptif. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.

Hasil yang diperoleh di lapangan menunjukkan bahwa penerapan metode ketaladanan dalam meningkatkan efektifitas belajar siswa secara garis besar dibentuk melalui KBM (Kegiatan Belajar Mengajar), Kegiatan Extra Kurikuler serta Kegiatan-Kegiatan KeIslaman.

Penerapan metode keteladanan merupakan sebuah upaya yang dilakukan dalam pembelajaran untuk meningkatkan keefektifan belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil yang diperoleh di lapangan cukup signifikan terutama respon siswa dalam penerapan metode ketaladanan tersebut. Jika terdapat upaya yang lebih baik dari apa yang telah disampaikan dalam skripsi ini, maka hal itu dapat dijadikan sebagai masukan atau tambahan agar skripsi ini terus berkembang dan tidak berhenti sampai disini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Syahid, M.
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDSyahid, M.UNSPECIFIED
Keywords: Metode Keteladanan; Efektifitas Belajar; Siswa
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nada Auliya Sarasawitri
Date Deposited: 10 Feb 2023 11:19
Last Modified: 10 Feb 2023 11:19
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46431

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item