Responsive Banner

Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif (Active Learning Strategy) dalam meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Ar-Risalah Lirboyo Kediri

Solekah, Siti (2007) Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif (Active Learning Strategy) dalam meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Ar-Risalah Lirboyo Kediri. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Full text)
03110146.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (597kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK

Pendidikan dapat diartikan bimbingan secara sadar oleh pendidik terhadap perkembangan jasmani dan rohani peserta didik menuju terbentuknya kepribadian yang utama. Oleh karena itu pendidikan dipandang sebagai salah satu aspek yang memiliki peranan pokok dalam membentuk generasi muda agar memiliki kepribadian yang utama. Sedangkann pendidikan agama Islam merupakan usaha sadar dan terencana yang dilakukan pendidik dalam rangka mempersiapkan peserta didik untuk meyakini, memahami dan mengamalkan ajaran Islam melalui kegiatan bimbingan, pengajaran atau pelatihan yang akan ditentukan untuk mencapai tujuan yang telah disiapkan dan menghasilkan output sumber daya manusia yang handal dan berpengetahuan serta jauh dari kebodohan. Dalam proses belajar mengajar salah satu faktor yang sangat mendukung keberhasilan guru dalam melaksanakan pembelajaran adalah kemampuan guru dalam menguasai bermacam-macam strategi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi dan peserta didik. Dalam penyampaian pelajaran kepada peserta didik terdapat berbagai macam strategi. Salah satu dari strategi tersebut adalah penerapan strategi pembelajaran aktif (Active Learning Stratrgy), yaitu belajar dengan menggunakan otak, mempelajari gagasan-gagasan, memecahkan berbagai masalah, dan menerapkan apa yang dipelajari. Belajar aktif merupakan langkah cepat, menyenangkan, mendukung dan secara pribadi menarik hati.

Berdasarkan latar belakang di atas maka peneliti menemukan beberapa rumusan masalah di antaranya sebagai berikut: (1) Bagaimana penerapan starategi pembelajaran aktif (Aktive Learning Strategy) dalam meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Ar-Risalah Lirboyo Kediri?. (2) Sejauh mana efektifitas penerapan strategi pembelajaran aktif (Active Learning Strategy) dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam bagi siswa SMP Ar-Risalah Lirboyo Kediri?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi pembelajaran aktif (Active Learning Strategy) dalam meningkatkan prestasi belajar pendidikan agama. Islam di SMP Ar-Risalah Lirboyo Kediri. (2) Untuk megetahuai efektifitas penerapan strategi pembelajaran aktif (Active Learnig Strategy) dalam meningkatkan prestasi belajar pendidikan agama Islam bagi siswa SMP Ar-Risalah Lirboyo Kediri.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun untuk menganalisis data digunakan analisis deskriptif kualitatif, yaitu analisis data bukan dengan angka-angka melainkan dalam bentuk kata-kata, kalimat atau paragraf yang dinyatakan dalam bentuk deskriptif.

Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif (Active Learnig Strategy) pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Ar-Risalah Lrboyo Kediri sudah berjalan dengan baik, ini terbukti dengan diterapkannya beberapa metode oleh guru, di antaranya: ceramah, tanya jawab, diskusi, jigsaw learning, hafalan, demonstrasi, debat, resitasi, kerja kelompok, problem solving, drill/latihan, tugas individu. Walaupun dalam penerapan strategi pembelajaran aktif ini ada beberapa faktor pendukung dan penghambat diantaranya: yang menjadi pendukung adalah lingkungan dan letak geografis sekolah yang sangat mendukung untuk terlaksanannya proses kegiatn belajar mengajar, semangat dan profesionalisme guru dalam kegiatan belajar mengajar, seorang guru harus bisa menguasai materi yang akan disampaikan, harus bisa membimbing, mengarahkan, dan mengevaluasi siswa dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat adalah sikologi atau latar belakang siswa yang berbeda-beda pengetahuan agamanya, tetapi mereka tidak aktif dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar bahkan mereka enggan untuk mengemukakan pelajaran yang belum mereka mengerti, dan ada juga sebagian dari mereka yang kurang aktif dalam mengikuti pelajaran. Dan guru pendidikan agama dalam menggunakan strategi pembelajaran aktif masih belum sesuai dengan konteks materi yang disampaikan sehingga dalam pembelajaran tersebut kurang berjalan secara optimal.

Dari kesimpulan tersebut untuk membantu dan mengantisipasi faktor- faktor penghambat adalah: pihak sekolah dan guru pendidikan agama Islam di SMP Ar-Risalah Lrboyo Kediri melaksanakan berbagai upaya, agar dalam penerapan strategi pembelajaran aktif dapat sepenuhnya diterapkan dengan menggunakan metode yang bervareasi, menciptakan interaksi dengan cara bekerjasama dengan berbagai pihak yang terkait. Jadi di sini penerapan strategi pembelajaran aktif (Active Learnig Strategy) dapat diterapkan betul-betul dan merupakan strategi yang bisa mencapai hasil secara maksimal sehingga prestasi belajar siswa dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Padil, Moh
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDPadil, MohUNSPECIFIED
Keywords: Strategi; Active Learning; Prestasi Belajar; Pendidikan Agama Islam
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nada Auliya Sarasawitri
Date Deposited: 10 Feb 2023 11:19
Last Modified: 10 Feb 2023 11:19
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46426

Downloads

Downloads per month over past year

Loading...

Actions (login required)

View Item View Item