Luthfiah, Sa'adatul (2012) Problematika pembelajaran Bahasa Arab dan solusinya pada Siswa Kelas V Minu Blayu Wajak Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
![]() |
Text (Fulltext)
08140061.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses perolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik. Dengan kata lain, pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik. Oleh karena itu dalam proses belajar mengajar antara pendidik dan peserta didik harus ada saling interaksi yang baik, apalagi pada mata pelajaran Bahasa Arab, karena Bahasa Arab bisa dikatakan sebagai bahasa Asing bagi anak-anak. Jadi seorang pendidik dalam menyampaikan materi pelajaran Bahasa Arab harus bisa menguasai kelas serta dapat menjadikan suasana kelas yang menyenangkan bagi peserta didik.
Skripsi ini tentang Problematika Pembelajaran Bahasa Arab dan Solusinya pada siswa kelas V MINU Blayu Wajak Malang dengan tujuan: Untuk mengetahui kendala atau problem apa saja yang dihadapi dalam pembelajaran Bahasa Arab di MINU Blayu Wajak Malang, serta untuk mengetahui upaya apa yang dilakukan dalam mengatasi probematika tersebut.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisisnya menggunakan analisis deskriptif.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah adanya problem-problem dalam pembelajaran Bahasa Arab yakni: Problem Pendidik, yang mana pendidik mata pelajaran Bahasa Arab di kelas V MINU ini masih kurang aktif dan kurang bisa membawa suasana yang menyenagkan di dalam kelas, yang hal tersebut berdampak pada siswa di dalam kelas menjadi pasif. Problem Peserta Didik, di MINU ini banyak sekali peserta didik yang belum menyadari akan pentingnya belajar. Problem Metode, metode yang banyak digunakan pada mata pelajaran Bahasa Arab kelas V MINU ini adalah ceramah dan Tanya jawab, sehingga peserta didik merasa bosan dan akhirnya banyak yang tidak mendengarkan apa yang disampaikan oleh guru. Problem Alat (Sarana Pembelajaran) yang kurang lengkap. problem Pendekatan Pembelajaran yang kurang baik. Problem Perencanaan Pembelajaran, yang mana guru mata pelajaran Bahasa Arab di MINU ini tidak menyiapkan apa yang akan dilakukan ketika di dalam kelas, yang akhirnya pembelajaran menjadi tidak terarah sesuai tujuan. Problem Pelaksanaan Pembelajaran, dan Problem Evaluasi Pembelajaran.
Dari problem yang telah disebutkan diatas, berikut uapaya-upaya dalam mengatasinya: Upaya dalam mengatasi pendidiknya, yaitu dengan cara mengikutkan pendidik Bahasa Arab dalam pelatihan-pelatihan, upaya pada peserta didik, yaitu dengan cara memberikan pengertian dan motivasi akan pentingnya belajar khususnya belajar Bahasa Arab, upaya pada Metode yaitu pendidik Bahasa Arab selain mengikuti pelatihan-pelatihan juga berupaya untuk mencari metode yang tepat untuk diajarkan, upaya pada Alat (sarana) yaitu dengan memaksimalkan menggunakan sarana yang sudah ada dan meningkatkan kekreatifan guru, upaya pada Pendekatan Pembelajaran yaitu dengan cara memahami karakteristik setiap peserta didik, upaya pada Perencanaan yaitu dengan cara merencanakan apa yang akan dilakukan di kelas walaupun tidak secara detail, mengupayakan Pembelajaran dengan baik, upaya dala Evalusi yaitu dengan menambah jam pelajaran di luar jam sekolah tentang materi Bahasa Arab.
ABSTRACT
Teaching is an interaction process among teacher, student and teaching sources in teaching environment. Teaching also constitutes about help that given by teacher in order to consisting result knowledge process, getting comprehend and talent, and associates the student‟s character and aplomb. In other word, teaching is a process to help students for studying as well. Therefore, in teaching and learning process needs good interaction between teacher and student. Moreover, in Arabic language teaching the teacher needs more interaction improvisation because it kinds of foreign language for student. Thereby, the teacher must gain the class situation to convey Arabic language subject, it also need to get enjoyable situation for students.
This thesis conveys Arabic Language Teaching Problem and Its Solution for 5th Grade Student in NU Elementary School Blayu Wajak Malang in purpose: understand the constraints and several problems which faced by teacher when teach Arabic language in Islamic Elementary School NU Blayu Wajak, Malang. Besides that, it also finds the understanding the effort to overcome these problems.
This research analyzes using qualitative-descriptive approach. The data collection is done by using observation, interview several valid sources, and documentation.
The result that acquired in this research is several problems in Arabic language teaching. Those problems are: teacher complication in which the teacher in 5th grade Islamic Elementary NU still being inactive and disable to mastering the situation in the class, it affect to the student for being passive in the class. This problem also derived from lack awareness of teacher about the central important of learning process. The second problem is methodology of teaching and learning process. Almost teaching and learning process occurs in the class is speech and asking question, so that most of the student become bored and as the result they couldn‟t understand the subject that has been discussed by teacher. The third problem is learning device in the classroom. It can be the bad problem in learning and teaching process. The fourth problem is lesson planning. Most of teacher in 5th grade Islamic Elementary NU not able to prepare the lesson plan, so that sometimes teacher could not control the subject explanation. It also effects to the purpose of teaching and learning process in the class.
From these mentioned problems including the evaluation teaching and learning process there are some efforts to overcome these problems. The solutions are: in order to get good teacher that is try to activate the teacher in some teacher trainings while to get the valuable student is show them centre importance of learning and motivate them in learning especially Arabic language. Meanwhile, teacher must looking for appropriate method in teaching Arabic language, maximize teaching device in the class and increase the creativity although the media still lacking. For increasing student‟s curiosity, the teacher must understand the characteristic of every student. And for last problem, teacher must have lesson plan although it not too detail. Because lesson plan can help teacher reach the purpose of teaching, besides that it can make evaluation easier. For last evaluation teaching, the researcher recommended about adding course time about Arabic language learning.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Aziz, Abdul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Problematika; Pembelajaran Bahasa Arab, Solusinya; Problem; Arabic Language Teaching; Solution | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 10 Feb 2023 12:44 | ||||||
Last Modified: | 10 Feb 2023 12:44 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46425 |
Downloads
Downloads per month over past year

Actions (login required)
![]() |
View Item |