Fauzi, M. Rif’an (2010) Internalisasi nilai-nilai Keislaman melalui pembiasaan Praktik keagamaan dalam meningkatkan ketaatan Ibadah siswa di Sekolah Dasar Islam (SDI) Garum Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07140032.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pembiasaan dalam praktik keagamaan mempunyai manfaat yang besar guna menanamkan suatu nilai pada peserta didik. Suatu tindakan yang dilakukan secara terus menerus dalam waktu yang lama akan membekas pada diri seseorang dan menjadi kepribadian tertentu. Sebenarnya pembiasaan bukanlah suatu hal yang baru dalam dunia pendidikan. Rasulullah dan juga para ulama' terdahulu juga menggunakan pembiasaan sebagai salah satu teknik untuk mendidik. Untuk itu pembiasaan perlu diterapkan dalam pendidikan modern. Siswa siswi di SDI Garum dilatih untuk membiasakan mengamalkan ajaran agama Islam di lingkungan sekolah dan juga di luar sekolah.
Berangkat dari latar belakang tersebut penulis berkinginan melakukan penelitian mengenai Internalisasi Nilai-Nilai Keislaman Melalui Pembiasaan Praktik Keagamaan dalam Meningkatkan Ketaatan Ibadah Siswa di Lembaga Pendidikan Ma’arif Nu Sekolah Dasar Islam (SDI) Garum Blitar. Dengan rumusan masalah, bagaimna internalisasi nilai-nilai keislaman melalui pembiasaan praktek keagamaan dalam meningkatkan ketaatan ibadah siswa di Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Sekolah Dasar Islam (SDI) Garum dan bagaimana hasil yang dicapai dalam internalisasi nilai-nilai keislaman melalui pembiasaan praktek keagamaan dalam meningkatkan ketaatan ibadah siswa. Yang bertujuan untuk mengetahui proses internalisasi nilai-nilai keislaman melalui pembiasaan praktik keagamaan dalam meningkatkan ketaatan ibadah siswa di Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Sekolah Dasar Islam (SDI) Garum dan untuk mengetahui hasil yang dicapai melalui pembiasaan praktik keagamaan dalam menginternalisasikan nilai-nilai keislaman dalam meningkatkan ketaatan ibadah siswa.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, yaitu data yang dipaparkan berupa kata-kata/ gambaran-gambaran dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Selain itu, untuk mendukung uraian dari keadaan di lapangan, penulis menyertakan transkrip wawancara dan photo sebagai data penguat.
Hasil dari penelitian yang dilakukan penulis, dapat disampaikan di sini bahwasanya di SDI Garum dilaksanakan internalisasi nilai-nilai keislaman melalui praktek pembiasaan sholat dhuha berjamaah, pembiasaan sholat dhuhur dan ashar berjamaah, qira’atul Qur’an, istihgosah dan doa bersama, khotmil Qur’an dan tahlilan, tausyiyah pagi, hidup bersih, tegur sapa, dan pembiasaan berdoa sebelum dan sesudah belajar untuk meningkatkan ketaatan ibadah siswa. Pembiasaan- pembiasaan praktik keagamaan tersebut mampu meningkatkan siswa taat beribadah dan berakhlaq terpuji baik di sekolah maupun di luar sekolah. Penelitian ini penulis harapkan dapat dijadikan sumbangan pemikiran untuk mengembangkan pendidikan agama Islam baik di sekolah maupun di lingkungan luar sekolah yang mampu menginternalisasikan nilai-nilai keislaman pada anak dengan menggunakan metode pembiasaan praktik keagamaan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Supriyatno, Triyo | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pembiasaan Praktik; Internalisas Nilai; dan Siswa | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Meirisa Anggraeni | ||||||
Date Deposited: | 10 Feb 2023 12:44 | ||||||
Last Modified: | 10 Feb 2023 12:44 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46424 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |