Mudda'iyah, Ninis (2010) Penerapan Pembelajaran Kontekstual Model Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) untuk meningkatkan Motivasi belajar Mata Pelajaran Ekonomi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06130051.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Dalam proses belajar mengajar, salah satu faktor yang sangat penting adalah kemampuan guru dalam menguasai dan menerapkan metode serta teknik pembelajaran yang mampu memunculkan motivasi belajar dalam diri siswa agar proses pembelajaran tidak cenderung monoton dan membosankan.
Pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching Learning) adalah konsep
belajar yang membantu guru mengaitkan materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa yang mendorong siswa untuk membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dengan kehidupan sehari- hari. Model REACT adalah pembelajaran yang mengutamakan keterkaitan (relating), pengalaman langsung (experiencing), penerapan atau aplikasi (applying), kerjasama (cooperating), alih pengetahuan (transferring)”. Dengan diterapkannya model pembelajaran ini pada mata pelajaran ekonomi maka siswa dapat mengaitkan dan mengalami atau mempraktekkan materi yang sedang dipelajari, membantu siswa menghadirkan dunia nyata kedalam kelas dan memotivasi siswa membuat hubungan pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapan didalam kehidupan sehari-hari. Selain itu siswa juga bekerjasama dan bertukar pengetahuan dengan temannya.
Berdasarkan uraian diatas, maka fokus masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah motivasi belajar siswa setelah penerapan pembelajaran kontekstual model relating, experiencing, applying, cooperating, transferring (REACT), pada mata pelajaran ekonomi dikelas VII SMPN 4 Malang.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang menggunakan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa penerapan
pembelajaran kontekstual model REACT dapat meningkatkan motivasi belajar terhadap mata pelajaran ekonomi siswa kelas VIIF SMP Negeri 4 Malang. Hal tersebut dapat diketahui dari keaktifan dan keantusiasan siswa dalam pembelajaran serta termotivasinya siswa untuk lebih mengetahui akan sesuatu yang baru berdasarkan dari hasil pencarian dan penemuan sendiri. Sebelum diterapkannya pembelajaran ini, siswa kurang aktif dan kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran dan nilainya juga dibawah standar. Dari tiga siklus yang telah dilakukan, dapat dilihat bahwa nilai post test siswa mengalami peningkatan, pada siklus I sebesar 9,6%, pada siklus II 28,3%, pada siklus III 50,6%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ali, Nur | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pembelajaran Kontekstual; Relating Eksperiencing Applying Cooperating Transfering (REACT); Motivasi Belajar | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 10 Feb 2023 11:29 | ||||||
Last Modified: | 10 Feb 2023 11:29 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46416 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |