Anshory, Mohammad Al (2010) Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi orang tua dan Intensitas Bimbingan Belajar siswa terhadap prestasi belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi kelas XI IPS MAN Tlogo Kabupaten Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
![]() |
Text (Fulltext)
06130048.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Dalam mencapai keberhasilan proses pembelajaran, yaitu peningkatan prestasi belajar siswa, memang di pengaruhi banyak faktor. Dalam meningkatkan hasil belajar yang optimal, maka perlu di perhatikan faktor atau Kondisi yang mampu mempengaruhi proses kegiatan belajar. Faktor itu adakalanya dari luar individu atau dalam diri individu siswa. Adanya dugaan bahwa ada pengaruh Kondisi sosial ekononi orang tua dan intensitas bimbingan belajar siswa terhadap prestasi belajar. Maka muncul ide yang mendorong diadakanya penelitian ini.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui; (1) Bagaimana Kondisi sosial ekonomi orang tua. (2) intensitas bimbingan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI.IPS MAN Tlogo Kab. Blitar. (3) Mengetahui pengaruh secara persial dan simultan antara Kondisi sosial ekonomi orang tua dan intensitas bimbinagn belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI.IPS MAN Tlogo Kab. Bliatar.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional, yaitu penelitian yang dituntut menggunakan angka mulai pengambilan data hingga penampilan dari hasilnya dan bertujuan untuk menemukan ada tidaknya hubungan antar variabel yang diteliti. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner/angket yang digunakan untuk mengetahui kondisi sosial ekonnomi orang tua dan intensitas bimbingan belajar siswa yang dipersepikan siswa. Intrumen yang juga digunakan adalah dokumen, yaitu untuk mengetahui prestasi belajar siswa. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier ganda.
Hasil regresi linier berganda menunjukan besarnya pengaruh sebagai berikut; (1) variabel yang ditunjukkan berpengaruh positif terhadap variabel prestasi belajar dengan nilai = 3,412 > = 1,987, (2) variabel intensiats bimbingan belajar siswa yang ditunjukkan berpengaruh positif terhadap variabel prestasi belajar dengan nilai = 3,589 > = 1,987, (3) Pengaruh kondisi sosial ekonomi oorang tua dan intensiats imbingan belajar siswa terhadapa prestasi belajar sebagai variabel terikat secara serentak menunjukkan adanya pengaruh positif signifikan yang ditunjukkan oleh besarnya nilai = 31,301 > = 3,984.
ABSTRACT
In reaching the success of the learning process, namely to increase student achievement, it is influenced a lot factors. In the optimal improve learning outcomes, it is necessary to note the factor or conditions that can affect the process of learning. Factors that sometimes from outside individuals our within the individuals student. A suspicion that there is the influence of social conditions and intensity economy parent tutoring students towards academic achievement. Then came the idea of encouraging this research.
The purpose of this study to determine: (1) how do social-economic condition of parent. (2) the intensity of tutoring students in the class of economic subjects XI IPS MAN Tlogo Kab. Blitar. (3) determine in Persia and simultaneous effects between socio-economic condition of parent and students learning intensity on economic subjects XI IPS MAN Tlogo Kab. Blitar
The approach used in this research is quantitative approach to the type of correlational research, ie research that is required to use numbers starting with the data until the appearance of the results and aims to discover the relationship between the variables studied. The instruments used in this study is a questionnaire/ questionnaire used to determine social conditions and intensity economic parent tutoring students who di persepsikan students. Instruments are also used is a document, namely to know the students’ learning achievement.
The analysis used in this study is a double linear regression analysis. Regression results showed the level of influence as follow: (1) variables that indicated a positive effect on academic achievement variable with value=3,412 > = 1,987, .(2) variable intensity tutoring students who demonstrated positive effect on academic achievement variable with value== 3,589 > = 1,987,. (3) effect of socio-economic conditions and intensity old student learning achievement as dependent variables simultaneously indicate a significant positive indicated by the value=31,301 > = 3,984
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Abubakar, Istianah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kondisi Sosial Ekonomi; Bimbingan Belajar dan Prestasi Belajar; Socio-Economic Conditions; Tutoring and Learning Achievement | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 10 Feb 2023 11:29 | ||||||
Last Modified: | 20 Jul 2023 14:07 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46404 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |