Rofiqi, Asip (2012) Melalui metode Gathering Plus dalam meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran IPA pada siswa kelas III di MI Syamsul Huda Santren Nanggungan Kediri. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
08140053.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pendekatan Outdoor Learning melalui metode Gathering Plus Merupakan suatu bentuk wisata di alam terbuka yang dirancang dalam suasana rekreasi, santai dan gembira dengan muatan educative. Dengan metode Gathering Plus, proses belajar mengajar akan lebih konkret, lebih realistis, lebih aktual, lebih menyenangkan, dan lebih bermakna. Proses belajar mengajar metode Gathering Plus ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar (kualitas, kreativitas, produktivitas, efisiensi dan efektifitas). Dengan metode Gathering Plus, siswa akan mampu memecahkan masalahnya sendiri, yang paling penting melakukan tugasnya sesuai dengan pengetahuan yang mereka lihat.
Proses belajar mengajar merupakan inti dari kegiatan pendidikan di sekolah. Disini guru sebagai pendidik memiliki peran yang sangat besar, disamping sebagai fasilitator dalam pembelajaran siswa juga sebagai pembimbing yang mengarahkan peserta didiknya sehingga mejadi manusia yang mempunyai pengetahuan luas baik pengetahuan agama, kecerdasan, kecakapan hidup, keterampilan, budi pekerti luhur dan kepribadian baik dan bisa membangun dirinya untuk lebih baik dari sebelumnya serta memiliki tanggung jawab besar dalam pembangunan bangsa.
Berpijak pada latar belakang diatas maka permasalahan yang timbul adalah: 1.) Apakah pendekatan Outdoor Learning melalui metode Gathering Plus dapat meningkatkan prestasi belajar IPA bagi siswa? 2.) Bagaimana proses pembelajaran IPA dengan menggunakan metode Gathering Plus? 3.) Bagaimana hasil evaluasi yang dicapai siswa dengan menggunakan metode Gathering Plus? Adapun tujuan yang ingin diketahui dari permasalahan tersebut diatas adalah: 1.) Mengetahui apakah pendekatan Outdoor Learning melalui metode Gathering Plus dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. 2.) mendeskripsikan proses pembelajaran IPA dengan menggunakan metode Gathering Plus. 3.) mendeskripsikan hasil evaluasi siswa dengan menggunakan metode Gathering Plus.
Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif, desain yang digunakan adalah desain penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam pengumpulkan data, penulis menggunakan beberapa metode yaitu: metode observasi, metode dokumentasi dan metode interview, adapun yang menjadi responden adalah Kepala Madrasah, guru IPA kelas III dan siswa kelas III di MI Syamsul Huda. sedangkan untuk menganalisisnya penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang diamati dan data hasil tes yang telah dilakukan, sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Selain itu, untuk mendukung uraian dari keadaan yang sebenarnya ada dilapangan, disini penulis sertakan table sebagai pelengkap data.
Hasil penelitian ini menunjukan hasil yang positif. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa pendekatan Outdoor Learning melalui metode Gathering Plus dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa kelas III pada matapelajaran IPA. Oleh karena itu, dalam hal ini peneliti menyarankan agar metode Gathering Plus ini dapat menjadi salah satu alternatif dalam melaksanakan pembelajaran di kelas untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.
ABSTRACT
Outdoor Learning approach through methods Gathering Plus is a form of travel designed outdoor recreation in the atmosphere, relaxed and happy with the charge educative. With the method Gathering Plus, the learning process will be more concrete, more realistic, more actual, more fun, and more meaningfu l. The process of teaching and learning methods Gathering Plus is expected to improve learning outcomes (quality, creativity, productivity, efficiency and effectiveness). With the method Gathering Plus, students will be able to solve their own problems, the most important perform their duties in accordance with the knowledge of what they see.
The process of teaching and learning is at the core of educational activities in schools. Here teachers as educators have a very big role, as well as a facilitator of student learning as well as the supervisor who directed learners that form the human who has extensive knowledge of both religious knowledge, intelligence, life skills, skills, noble character and good personality and be able to build himself to be better than ever and has a great responsibility in nation building.
Building on the background above, the problems that arise are: 1.) Is Outdoor Learning approach through methods Gathering Plus can improve science achievement for students? 2.) How is the process of learning science using the Gathering Plus? 3.) How evaluation results achieved by students using the Gathering Plus? The objectives were to know of the problems above are: 1.) Knowing whether the approach Outdoor Learning through methods Gathering Plus can improve student achievement. 2.) Describe the process of learning science using the Gathering Plus. 3.) Describe the results of student evaluations using the Gathering Plus.
Research by the author is included in the descriptive qualitative research, the design used is the design of Classroom Action Research (CAR). In pengumpulkan data, the authors use several methods, namely: observation methods, methods of documentation and interview methods, while the respondents are Principals, third grade science teacher and third grade students at MI Syamsul Huda. while to analyze authors used a qualitative descriptive analysis of the data in the form of written or spoken of people and the observed behavior and test data that has been done, so in this case the authors attempt to conduct research that is thoroughly describe the actual state of affairs. In addition, to support the description of the real situation existing in the field, the authors include a table here as complementary data.
These results indicate a positive result. Based on the results of this study concluded that the approach Outdoor Learning through methods Gathering Plus can improve the learning process and results in the third grade students Lesson Sains. Therefore, in this case the researchers suggest that the method Gathering Plus can be an alternative to implement the learning in the classroom to improve student achievement.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Zuhriyah, Indah Aminatuz | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Prestasi Belajar; Outdoor Learning dan Gathering Plus; Achievement Learning; Outdoor Learning and Gathering Plus | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 10 Feb 2023 12:46 | ||||||
Last Modified: | 22 Jun 2023 09:16 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46403 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |