Nurmalia, Erlina (2010) Pengaruh fasilitas dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS MAN Malang 1. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
![]() |
Text (Fulltext)
06130047.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Dewasa ini, prestasi pendidikan siswa menjadi ukuran bagi keberhasilan belajar yang telah ditempuh oleh siswa. Tingkat keberhasilan siswa ditinjau dari seberapa tinggi siswa tersebut dapat meraih prestasi dalam belajarnya. Banyak fak tor yang dapat mempengaruhi dan menimbulkan kesulitan belajar bagi siswa jika tidak mencukupi pemenuhannya dan pada akhirnya menghambat dan mempengaruhi pencapaian prestasi belajar. Bila ditinjau dari luar diri siswa (faktor ektern) terdapat dua faktor yang secara garis besar dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Dua faktor tersebut adalah fasilitas belajar dan lingkungan belajar siswa yang juga menjadi variabel dalam penelitian ini.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh antara fasilitas belajar yang ada terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS di MAN
Malang 1, pengaruh lingkungan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS di MAN Malang 1, serta pengaruh fasilitas dan lingkungan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS di MAN Malang 1.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional, yaitu penelitian yang dilakukan
untuk antara dua variabel atau lebih yang bertujuan untuk menemukan ada tidaknya hubungan dan apabila ada, berapa eratnya hubungan serta berarti atau tidak hubungan itu. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner atau angket yang digunakan untuk mengetahui fasilitas dan lingkungan belajar yang dipersepikan siswa. Intrumen yang juga digunakan adalah dokumen yang digunakan untk mengetahui prestasi belajar siswa. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda.
Hasil regresi linier berganda menunjukan bahwa tidak terdapat pengaruh
dari variabel fasilitas belajar terhadap prestasi belajar yang ditunjukkan dengan thit ung = -2,312 < tt abel = 1,991. Tidak terdapat pengaruh dari variabel lingkungan belajar terhadap prestasi belajar yang ditunjukkan dengan thit ung = -3,336 < tt abel =
1,991. Terdapat pengaruh positif variabel fasilitas belajar dan lingkungan belajar
terhadap prestasi belajar yang ditunjukkan dengan Fhit ung = 38, 123 > Ft abel = 3,695.
Kesimpulannya bahwa tidak ada pengaruh dari failitas belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS di MAN Malang 1, tidak ada pengaruh dari
lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS MAN Malang 1, ada pengaruh positif signifikan dari fasilitas dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS MAN Malang 1. Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan, gambaran, serta informasi yang bermanfaat dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Wahidmurni, Wahidmurni | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Fasilitas Belajar; Lingkungan Belajar dan Prestasi Belajar | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 10 Feb 2023 11:29 | ||||||
Last Modified: | 10 Feb 2023 11:29 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46402 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |