Munir, Ahmad Roisul (2009) Penggunaan Media Kartu permainan untuk meningkatkan Prestasi belajar siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas V di SDN Merjosari III Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07140082.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di Sekoalah Dasar, masih menunjukkan berbagai permasalahan. Proses pembelajaran saat ini masih sebagai proses penyampaian pengetahuan tentang materi Pendidikan Agama Islam. Metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam sering lebih ditekankan dengan model ceramah dan hafalan. Sehingga penyampaian kurang variatif. Akibatnya siswa kurang memahami manfaat dari apa yang telah dipelajarinya. Hal ini, menyebabkan pembelajaran yang dilakukan oleh guru cenderung monoton dan membosankan. Kondisi ini pada akhirnya berdampak terhadap prestasi belajar siswa. Untuk itu perlu diterapkan penggunaan media pembelajaran yang efektif untuk mencapai kompetensi yang diharapkan, salah satunya dengan menggunakan media kartu permainan. Media ini merupakan solusi alternatif untuk menjadikan pembelajaran lebih efektif dan inovatif.
Berdasarkan uraian di atas, maka fokus masalah yang diambil dalam penelitian ini adalah Bagaimana penggunaan media kartu permainan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas V di SDN Merjosari III Malang.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas dengan jenis kolaboratif partisipatoris. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, pengukuran hasil belajar, dan dokumentasi. Data yang bersifat kualitatif dianalisis secara deskriptif kualitatif sedangkan data kuantitatif dianalisis dengan deskriptif kuantitatif.
Dari tiga siklus yang diterapkan, disimpulkan bahwa penggunaan media kartu permainan terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar. Hasil peningkatan prestasi belajar siswa dapat dilihat dari data di lapangan, yang menunjukkan peningkatan prestasi belajar siswa dari pre test ke post test sebesar 46%. Bentuk dari peningkatan hasil prestasi belajar siswa yaitu, berusaha untuk belajar dengan menggunakan kartu permaian, memodifikasi kegiatan belajar dengan cara mengorganisir siswa untuk melakukan diskusi secara kelompok, memotivasi siswa dalam pelaksanaan proses belajar mengajar, serta menciptakan proses belajar mengajar yang menyenangkan.
Dari hasil penelitian ini, peneliti memberikan beberapa saran sebagai bahan pertimbangan kepada pihak-pihak instansi terkait di lingkungan lembaga pendidikan formal terutama kepada guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, untuk menggunakan media kartu permainan, guna meningkatkan prestasi belajar siswa. Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan pengaruh penggunaan media kartu permainan terhadap prestasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sulalah, Sulalah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Media Kartu Permainan; Prestasi Belajar; Pendidikan Agama Islam | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Meirisa Anggraeni | ||||||
Date Deposited: | 10 Feb 2023 12:45 | ||||||
Last Modified: | 10 Feb 2023 12:45 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46401 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |