Iswatik, Iswatik (2010) Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe JIGSAW untuk meningkatkan prestasi belajar tentang Jurnal Khusus pada siswa kelas X SMK Muhammadiyah I Berbek di Nganjuk. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06130046.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pembelajaran akuntansi yang berjalan selama ini cenderung ditunjukkan pada ketrampilan siswa dalam menyelesaikan soal-soal akuntansi secara konsepsional yang diajarkan oleh guru. Masalah yang timbul adalah siswa belum mampu menguasai dan terampil dalam menyelesaikan soal-soal akuntansi yang bervariasi dari konsep yang diberikan guru. Untuk mengatasi kesulitan belajar siswa dalam rangka mencapai tujuan pengajaran maka akan diterapkan pembelajaran kooperatif learning jigsaw, karena pembelajaran ini memiliki konsep pada penekanan interaksi antar siswa. Dalam interaksi ini siswa akan membentuk komunitas yang memungkinkan mereka memahami proses dan berinteraksi satu sama lain. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui apakah dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkat prestasi siswa kelas X pada pokok bahasan jurnal khusus.
Pembelajaran dengan metode jigsaw merupakan salah satu penerapan pembelajaran koopertif dimana kegiatan belajar mengajar dipusatkan pada siswa berdasarkan observasi awal yang dilakukan di SMK Muhammadiyah I Berbek, dapat diketahui bahwa pengajaran oleh guru biasanya dilakuakan dengan ceramah dan Tanya jawab. Cara belajar ini belum memberikan hasil belajar yang memuaskan pada siswa. Oleh karena itu peneliti menerapkan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X SMK Muhammadiyah I Berbek.
Subyek penelitian adalah siswa kelas X-A SMK Muhamdiyah I Berbek pada pokok bahasan jurnal khusus. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 03 – 07 Mei dan tanggal 01-05 Juni 2010 dengan menggunakan istrumen penelitian berupa lembar observasi kegiatan guru, lembar observasi kegiatan siswa, angket pendapat siswa mengenai penerpan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Analisi hasil peneltian dideskripsikan menggunakan teknik presentase.
Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan presentase ketercapaian guru dalam menerapkan langkah-langkah metode jigsaw dari siklus I ke siklus II tampak adanya peningkatan 7,05% sedangkan dari observasi kegiatan siswa pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 6,25%, peningkatan prestasi belajar siklus I dan siklus II mengalami rata-rata siklus I dan siklus II sebesar 20,08% dan menigkatkan aktivitas siswa dalam mempresentasikan, bertanya menjawab dan menanggapi permasalahan.
Berdasarkan hasil penelitian secara keseluruhan, maka dapat dikatakan bahwa pendekatan pembelajaran pembelajaran kooperatif melalui metode jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar siswa sebesar 20,08% dalam proses belajar mengajar siswa menjadi lebih baik karena adanya variasi tindakan pembelajaran oleh guru sehingga siswa tidak lagi merasa bosan. Selain itu,dalam proses pembelajaran siswa lebih berperan aktif.
Adapun dalam peningkatan prestasi tidak luput dari adanya kendala, kendala yang ditemui adalah keterbatasan waktu, kurangnya kesiapan belajar siswa, siswa belum menjelaskan materi yang menjadi tanggung jawabnya, minimnya pengetahuan siswa tentang belajar kooperatif dan kurang kumunikasi diantara siswa serta keterbatasan sumber pembelajaran. Agar pembelajaran kooperatif model jigsaw ini lebih efektif dan efisien, maka solusi yang ditawarkan untuk mengatasi hambatan yang ditemui adalah sebagai berikut: pengawsan waktu secara ketat oleh guru, pemberian tugas-tugas agar siswa lebih rajin belajar, model pembelajaran kooperatif juga bisa dipadukan dengan media yaitu berupa uang kertas dan bukti-bukti nota serta kwitansi supaya siswa cepat memahami setiap tugas yang menjadi tanggng jawab. Peneliti memberikan solusi yang mengatasi kendala-kendala yang dihadapi berupa: pengawasan waktu secara ketat oleh guru, pemberian tugas-tugas agar siswa lebih rajin belajar, model pembelajaran kooperatif juga bisa dipadukan dengan media gambar yaitu beruapa uang kertas supaya siswa lebih cepat memahami dalam memasukan transaksi yang terjadi dalam setiap tugas yang menjadi tanggung jawabnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Kusumadyahdewi, Kusumadyahdewi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pembelajaran Kooperatif; Metode Jigsaw; Prestasi Belajar | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 10 Feb 2023 11:29 | ||||||
Last Modified: | 10 Feb 2023 11:29 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46399 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |