Alimah, Nurul (2010) Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah dalam meningkatkan Kualitas Pembelajaran Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Islam Almaarif Singosari-Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06130040.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (670kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan adalah sesuatu yang esensial bagi manusia. Melalui pendidikan manusia dapat belajar menghadapi problematika yang ada di alam semesta demi mempertahankan kehidupannya. Kebutuhan manusia akan pendidikan merupakan suatu yang sangat mutlak dalam hidup ini, dan manusia tidak bisa dipisahkan dari kegiatan pendidikan. Pendidikan secara alami merupakan kebutuhan hidup manusia, upaya melestarikan kehidupan manusia dan telah berlangsung sepanjang peradaban manusia itu ada.
Pendidikan sangatlah penting dalam kehidupan, tanpa adanya pendidikan seorang tidak bisa berkembang. Pendidikan juga merupakan bagian dari upaya untuk membantu manusia memperoleh kehidupan yang bermakna hingga diperoleh suatu kebahagian hidup.
Perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan serta teknologi yang semakin pesat, secara langsung maupun tidak langsung dalam dunia pendidikan akan mendapatkan pengaruh dari kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Untuk itu seorang guru harus berusaha mengembangkan dan memajukan pendidikan. Dalam kenyataan sehari-hari permasalahan yang dihadapi seorang guru adalah bagiamana seoranng guru tersebut dapat melaksanakan tugasnya dengan baik, Apakah hal ini disebabkan karena siswa kurang aktif dalam mengikuti proses belajar mengajar atau cara guru yang monoton sehinngga menyebabkan siswa menjadi pasif.
Oleh karena itu, untuk menghindari siwa yang pasif guru hendaknya lebih cermat dalam memilih dan menggunakan strategi untuk menanggulangi masalah siswa yang pasif menjadi siswa yang aktif. Untuk itu maka, peran seorang guru sangat dikedepankan mengingat begitu pentingnya peran guru dalam menjawab tantangan dari permasalahan tersebut. Berawal dari pemikiran tersebut maka penulis tertarik untuk mengadakan penelitian tentang “Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Guru Ekonomi dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Siswa”.
Adapun permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah : (1) bagaimanakah strategi guru ekonomi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran siswa. (2) faktor apa saja yang mempengaruhi kualitas pembelajaran.
Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun untuk menganalisis data digunakan metode deskriptif kualitatif, yakni uraiannya didasarkan pada gejala-gejala yang tampak.
Berdasarkan hasil analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa strategi yang digunakan guru ekonomi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran siswa di SMA Islam Almaarif Singosari sudah berjalan baik, meskipun masih ada sedikit kekurangannya. Hal ini dapat dilihat dari berbagai macam strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru berdasarkan materi yang akan disampaikan, sehingga mempermudah proses belajar mengajar di kelas. Adapun di kelas siswa aktif bertanya tentang pelajaran yang belum dimengerti, baik pada saat di dalam kelas maupun di luar kelas, siswa aktif mengerjakan tugas-tugas yang diberikan guru di kelas atau tugas di luar jam sekolah, siswa lebih aktif dalam mencari informasi yang diberikan oleh guru. Adapun faktor yang mempengaruhi kualitas pembelajaran siswa yaitu, guru, anak didik, sarana dan prasarana, lingkungan dan kegiatan pembelajaran
Dengan adanya strategi pembelajaran yang bervariasi yang dilakukan oleh guru ekonomi, maka proses belajar mengajar akan kondusif dan siswa akan lebih mempunyai gairah untuk aktif belajar ekonomi. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas guru sudah diminimalkan, baik yang berasal dari dalam maupun dari luar.
ABSTRACT
Education is very important for humans. Through education people can learn to face the problems that exist in the universe to sustain life. Human need for education is very absolute in this life, and man can not be separated from educational activities. Education is a natural requirement of human life, an effort to preserve human life and has existed throughout human civilization.
Education is very important in life, without education one can not develop. Education is also part of an effort to help people get a life means to achieve happiness in life.
Development and advancement of science and technology more quickly, directly or indirectly in the education world will have the effect of the progress of science and technology (Science and Technology). For that reason a teacher should try to develop and promote educational. Even the problems faced daily by teachers is how North seoranng teachers can do their job properly, Is this because students are not active enough in following the teaching-learning process or the way teachers make students become monotonous sehinngga passive.
Therefore, to avoid passive teacher Shiva should be more careful in selecting and using strategies to overcome the problem of passive students into student inactive. Therefore, the teacher's role is very advanced given the important role teachers in answering the challenge problem. Starting from these ideas the author is interested in conducting research on "Problem Based Learning Strategies in Improving Teacher Quality Student Learning in Economics."
The issues will be addressed in this study were: (1) how economic strategies of teachers in improving the quality of student learning. (2) what factors affect the quality of learning in this research uses a qualitative approach to collecting data through observation, interviews, and documentation. The data used to analyze the qualitative descriptive method, which is based on the description of symptoms.
Based on the results, it can be concluded that the economic strategy used by teachers in improving student learning in high school Singosari Almaarif Islam has been going well, although some deficiencies. It can be seen from a variety of learning strategies used by teachers based on materials that will be delivered, thus simplifying the process of teaching and learning in the classroom. Active students in the class asked about the lessons that are not well understood, both at the time in class and outside the classroom, students are actively working on the tasks given by teachers in class or working outside school hours, students are more active in seeking information given by teachers. Factors that affect the quality of student learning, teachers, students, facilities and infrastructure, environment and instructional activities
Given the variety of learning strategies conducted by economics teacher, will be conducive to teaching and learning process and students will be more active has a passion to learn economics. Factors that affect the quality of teachers has been minimized, whether originating from inside or outside.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Efiyanti, Alfiana Yuli | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Strategi Guru Ekonomi; Kualitas Pembelajaran Siswa Economics Teachers Strategies; Students' Learning Quality | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 10 Feb 2023 11:31 | ||||||
Last Modified: | 10 Feb 2023 11:31 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46389 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |