Kulub, Munawirul (2009) Penerapan Strategi Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan Kualitas pembelajaran Matematika Luas dan Keliling Bangun Datar pada Siswa Kelas IIIA Madrasah Ibtidaiyah Al-Ma’arif 09 Randuagung Singosari Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07140080.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (921kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Matematika adalah mata pelajaran wajib, bagi seluruh jenjang pendidikan, mulai dari SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan perguruan tinggi. Maka dari itu perlu adanya perhatian khussus pada mata pelajaran matematika. Dalam konteks pembelajaran Keberhasilan sangat tergantung dari proses pembelajaran yang dilakukan guru, meskipun ada faktor lain yang menentukan seperti sarana dan prasarana sekolah. Salah satu upaya untuk mensukseskan kurikulum yang diberlakukan saat ini, khususnya pada mata pelajaran Matematika. Sekolah dasar merupakan penanaman pondasi pertama pada pemahaman siswa, maka dari itu jika sekolah dasar ini penanaman konsep kepada peserta didik salah maka akan dibawa kejenjang selanjutnya bahkan pada perguruan tinggi akan salah. Madrsah Ibtidaiyyah Al Maarif 09 Randuagung merupakan salah satu sekolah madrasah yang memiliki siswa terbanyak di lingkungan desa Randuagung. Setelah peneliti mengadakan penelitian ternyata terdapat permasalahan yaitu rendahnya pemahaman siswa terhadap materi luas dan keliling bangun datar sederhana.
Strategi pembelajaran merupakan suatu cara atau jalan yang digunakan untuk mencapai suatu tujuan, dalam hal ini tujuan utama adalah proses belajar mengajar agar tercapai tujuan pembelajaran. Strategi Contextual Teaching and Learning (CTL) adalah suatu strategi pembelajaran yang menghadirkan dunia nyata siswa kedalam kelas, dengan harapan siwa akan lebih mudah memahami pelajaran karena seakan-akan mereka pernah dan sering melakukannya.
Pada proses pelaksanaan pembelajaran menggunakan strategi Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk menigkatkan pemahaman siswa kelas IIIA pada materi bangun datar sederhana menggunakan beberapa alat evaluasi yaitu test formatif, lembar observasi pengelolaan pembelajaran, angket untuk mengukur antusias siswa, dan lembar pengamatan aktifitas guru dan siswa. Diharapkan dengan menggunakan strategi CTL akan mampu meningkatkan pemahaman siswa pada materi luas dan keliling bangun datar sederhana.
Motivasi belajar adalah keseluruhan daya penggerak di dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar, menjamin kelangsungan kegiatan belajar itu demi mencapai suatu tujuan. Adapun faktor-faktor yang dapat mempengaruhi motivasi belajar, diantaranya adalah kematangan, usaha yang bertujuan, pengetahuan mengenai hasil dari motivasi, partisipasi, penghargaan dan hukuman.
Proses belajar mengajar yang dilakukan untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi luas dan keliling bangun datar sederhana telah dilaksanakan dengan baik dan terdapat peningkatan belajar, motivasi belajar karena siswa senang dengan strategi yang digunakan. Hal ini tebukti dari meningkatnya hasil belajar siswa dari sebelum diadakan pembelajaran menggunakan strategi Contextual Teaching and Learning (CTL).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Maimun, Agus | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Strategi CTL; Motivasi Belajar | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Meirisa Anggraeni | ||||||
Date Deposited: | 10 Feb 2023 12:47 | ||||||
Last Modified: | 10 Feb 2023 12:47 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46378 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |