A’la, Shofa Rofiqil (2007) Implementasi Manajemen berbasis sekolah dalam meningkatkan Partisipasi masyarakat terhadap sekolah: Studi di MI Manbaul Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
![]() |
Text (Full text)
03110163.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (647kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Implementasi manajemen berbasis sekolah menuntut partisipasi lebih besar dari warga sekolah dari setiap kebijakan dan sepanjang proses pembuatan keputusan sekolah berlangsung, dan semua keputusan dibuat secara kolektif dan sinergis bersama stakeholder. peningkatan peran kelompok yang membuat kebijakan berbasis sekolah dan proses perencanaan pembangunan adalah sebagai contoh gerakan menuju ke arah desentralisasi yang lebih besar. Dalam bentuk yang sederhana, MBS mendeskripsikan satu rangkaian praktik yang didalamnya semakin banyak melibatkan berbagai pihak yang berkepentingan dalam membuat keputusan-keputusan yang berkaitan dengan program sekolah.
Madrasah Ibtidaiyah Manbaul Ulum merupakan salah satu diantara madrasah swasta yang terletak di Ds. Buntaran Rejotangan Tulungagung yang menerapkan Manajemen Berbasis Sekolah sejak 3 tahun yang lalu. Madrasah ini memang letaknya berada jauh dari kota sebagai pusat pendidikan, namun dalam pelaksanaan pendidikan di Madrasah ini begitu maju dengan sokongan dari berbagai pihak, yakni partisipasi masyarakat sekitar, seperti wali siswa, tokoh masyarakat dalam rangka memajukan kualitas pendidikan pada MI Manbaul Ulum Buntaran Rejotangan.
Berangkat dari latar belakang diatas, penulis kemudian ingin membahasnya dalam skripsi dan mengambil judul Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Terhadap Sekolah (Studi di MI Manbaul Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung). Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran serta masyarakat terhadap sekolah dalam upaya Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di Madrasah Ibtidaiyah Manbaul Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung, mendeskripsikan strategi yang dilakukan oleh Madrasah Ibtidaiyah Manbaul Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung dalam meningkatkan partisipasi masyarakat terhadap sekolah sebagai upaya implementasi MBS, mendeskripsikan dampak dari peningkatan partisipasi masyarakat terhadap pendidikan agama Islam dan kehidupan beragama siswa MI Manbaul Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung, mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah dalam meningkatkan partisipasi masyarakat terhadap sekolah di Madrasah Ibtidaiyah Manbaul Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian lapangan (field reserch) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan datanya memakai metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Serta analisisnya menggunakan teknik analisis deskriptif.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peran serta masyarakat dalam upaya implementasi MBS di MI Manbaul Ulum begitu baik. Adapun bentuk partisipasi masyarakat maupun orang tua siswa itu beraneka ragam, misalnya: dukungan terhadap program madrasah, keikutsertaan dalam pertemuan orang tua siswa, memberikan saran dan kritik, sumbangan dana, tanah wakaf, tenaga, memberikan motivasi kepada anak didik ketika di rumah untuk giat belajar, pengadaan air dan makanan kecil pada waktu acara PHBI.
Adapun strategi yang dilakukan oleh MI Manbaul Ulum Buntaran Rejotangan untuk meningkatkan partispasi tersebut adalah menyususun visi, misi, tujuan, serta melakukan perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, pengevaluasian program-program madrasah bersama masyarakat melalui komite madrasah, melakukan pendekatan terhadap tokoh masyarakat yang berpengaruh., memotivasi masyarakat untuk berperan serta dalam program-program madrasah, seperti pertemuan wali murid, PHBI, PHBN, kunjungan ke rumah siswa, dan pameran madrasah.
Lebih lanjut, keterlibatan masyarakat baik untuk memajukan madrasah telah mempengaruhi perilaku anak didik baik dalam pergaulan di madrasah maupun di luar madrasah. Hal ini sebagaimana moral atau kehidupan keberagamaan siswa yang semakin dirasakan manfaatnya oleh guru, orang tua serta masyarakat sekitar, seperti menghormati, menghargai, bersopan santun, keikutsertaan dan antusias siswa dalam kegiatan keagamaan di masyarakat, seperti shalat berjamaah dhuha, doa bersama sebelum masuk kelas, praktek manasik haji, dzibaiyyah.
Adapun faktor pendukung implementasi manajemen berbasis sekolah dalam meningkatkan partisipasi masyarakat terhadap sekolah di Madrasah Ibtidaiyah Manbaul Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung adalah kesadaran dari masyarakat untuk turut berpartisipasi dalam meningkatkan pendidikan di MI Manbaul Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung, motivasi yang tinggi dari guru untuk menyukseskan program MBS terlebih dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat terhadap madrasah, dan lokasi yang berdekatan dengan masjid sehingga memungkinkan program-program madrasah berjalan dengan baik. Sedangkan faktor penghambatnya adalah masih adanya sebagian masyarakat yang berpandangan bahwa pendidikan itu merupakan tanggungjawab madrasah, sehingga mereka belum sadar dengan keberadaan madrasah, masih adanya guru yang belum bisa menyesuaikan dengan sistem manajemen berbasis sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Prabowo, Sugeng Listyo | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Implementasi; Manajemen Berbasis Sekolah; Partisipasi Masyarakat | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri | ||||||
Date Deposited: | 10 Feb 2023 11:19 | ||||||
Last Modified: | 10 Feb 2023 11:19 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46376 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |