Fitriawati, Neni (2010) Penerapan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII di MTsN Selorejo Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06130036.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Ilmu pengetahuan sosial (IPS) merupakan integrasi dari berbagai cabang ilmu-ilmu sosial seperti ; sosiologi, sejarah, politik, ekonomi, hukum dan budaya. Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan satu pendekatan interdisipliner dari aspek dan cabang-cabang ilmu-ilmu sosial. Pada Pembelajaran IPS Terpadu kelas VIII A siswa kurang mampu berpikir kritis dalam menganalisa kasus yang terjadi di masyarakat. Maka diperlukan model pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII di MTsN Selorejo Blitar, untuk mengetahui hasil peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa serta faktor pendorong dan penghambat dalam penerapan model pembelajaran berbasis masalah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kurt Lewin dengan 3 (tiga) siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A di MTsN Selorejo Blitar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, evaluasi hasil belajar, wawancara, dokumentasi dan angket. Data yang bersifat kualitatif yang terdiri dari hasil observasi dan dokumentasi dianalisis secara deskriptif kualitatif, data yang berupa angka atau data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif.
Hasil analisis data setelah penerapan model pembelajaran berbasis masalah menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII di MTsN Selorejo Blitar. Secara klasikal terjadi peningkatan sebesar 13% pada siklus I dan 6% pada siklus II. Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa secara individu sebesar 6% pada siklus 1, 6% pada siklus II dan sebesar 3% pada siklus III.
Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII di MTsN Selorejo Blitar. Untuk itu, saran yang disampaikan agar dapat menerapkan model pembelajaran berbasis masalah yang lebih bervariasi dan dapat dijadikan kajian untuk penelitian tentang penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap variabel yang lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Zuhroh, Ni’matuz | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah; Kemampuan Berpikir Kritis; IPS Terpadu | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 10 Feb 2023 11:32 | ||||||
Last Modified: | 22 Jun 2023 15:18 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46375 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |