Yasirah, Yasirah (2009) Upaya peningkatan Motivasi belajar gerak benda Mata Pelajaran IPA melalui pendekatan Inkuiri Siswa Kelas III MI Sumber Payung di Ganding Sumenep. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07140076.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Lembaga Pendidikan Islam (LPI) masih kurang diperhatikan keberadaannya oleh sebagian masyarakat dan sering danggap tidak penting. Hal ini disebabkan oleh rendahnya pendidikan tenaga pengajar yang menyebabkan rendahnya kualitas lulusannya. Hal ini juga didukung oleh minimnya pengetahuan tentang metodologi yang variatif dalam kegiatan belajar mengajar, sehingga LPI khususnya Madrasah Ibtidaiyah (MI) ketinggalan jauh dari lembaga-lembaga pendidikan yang lain. Untuk mencapai kualitas pembelajaran yang baik, maka keterampilan dan pengetahuan guru dalam proses pembelajaran sangat penting dan harus selalu ditingkatkan. Keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang guru yaitu keterampilan merencanakan pembelajaran, pelaksananaan dan cara mengevaluasi yang baik dan benar. Guru tiak harus selalu berpedoman pada kurikulum yang ada, tetapi sebagai guru yang baik harus mampu mengembangkannya agar tujuan dari pembelajaran dapat tercapai dan siswa mampu mencapai Standar Kelulusan Minimum (SKM) yang telah ditentukan oleh pemerintah. Terkait dengan upaya peningkatan kualitas pembelajaran, pendekatan yang selama ini digunakan harus dirubah. Yaitu pendekatan yang sebelumnya berorientasi pada guru, harus dirubah menjadi pendekatan yang berorientasi pada siswa. Hal ini bertujuan agar siswa lebih aktif dan tidak hanya menjadi pendengar.
Dengan menggunakan pendekatan inkuiri dalam pembelajaran gerak benda, diharapkan siswa mampu mencari sendiri pengetahuan dari pada memperoleh pengetahuan. Serta dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas III MI Sumber Payung.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara maka penerapan pendekatan inkuiri, mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Karena pendekatan inkuiri sangat sesuai dengan materi yang akan diajarkan yaitu tentang “gerak benda”, dimana materi ini perlu pengamatan dan percobaan yang melibatkan siswa secara langsung. Sedangkan bukti yang lain adalah pernyataan siswa yang mengatakan senang terhadap pendekatan yang diterapkan, sehingga kelas lebih hidup dan tidak hanya menunggu dari guru saja, tetapi siswa mampu mencari dan menemukan sendiri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hasyim, Farid | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Motivasi Belajar; Pendekatan; Inkuiri | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Meirisa Anggraeni | ||||||
Date Deposited: | 10 Feb 2023 12:47 | ||||||
Last Modified: | 10 Feb 2023 12:47 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46374 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |