Rohmah, Ria Safinatur (2010) Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions dalam meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada Mata Pelajaran Sejarah kelas XI di MAN Malang I. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06130035.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (985kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Dewasa ini perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin maju dan pesat, sehingga membawa pengaruh yang besar terhadap semua spek kehidupan, salah satunya dalam bidang pendidikan. Oleh karena itu pengolahan dan penyempurnaan pendidikan terus dilaksanakan guna tercapainya tujuan pendidikan nasional yaitu mencerdaskan kehidupan Bangsa.
Dalam proses belajar mengajar sejarah perlu dilakukan variasi metode pembelajaran. Variasi metode pembelajaran tersebut bertujuan agar siswa tidak merasa bosan ketika belajar sejarah dan siswa akan berantusias untuk belajar sejarah.
Pembelajaran kooperatif menawarkan beberapa metode. Salah satu yang termasuk metode pembelajaran kooperatif yaitu model pembelajaran student team achievement divisions (STAD). Pembelajaran tipe student team achievement divisions merupakan model pembelajaran yang dapat mengaktifkan seluruh siswa selama proses pembelajaran dan memberikan kesempatan untuk bekerjasama antar siswa dengan kemampuan homogenya. Model pembelajaran student team achievement divisions menerapkan berbagai ciri pembelajaran dan merupakan model yang sangat mudah diterpkan dalam pembelajaran. Tahapan dalam pembelajaran koopertif tipe student team achievement divisions yaitu dimulai dengan presentasi kelas, diskusi kelompok, tes individu, dan dilanjutkan dengan pemberian penghargaan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan proses perencanaan, pelaksanaan dan penilaian dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe student team achievement divisions untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar sisiwa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS 2 MAN Malang 1.
Penelitian ini menggunkan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) tahapan penelitian mengikuti Kemmis dan Taggart yaitu berupa suatu siklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data penelitain ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang bersifat kualitatif yang terdiri dari hasil observasi dan dokumentasi dianalisis secara deskriptif kualitatif, sedangkan data yang berupa angka atau data kuantitatif dianalisis dengan mengunakan rumus:
P= Post rate – base rate x 100 % Base rate
Keterangan : presentase peningkatan
Post rate : nilai rata-rata sesudah tindakan
Base rate : nilai rata-rata sebelum tindakan
Bedasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe student team achievement divisions dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas XI IPS 2 di MAN Malang 1. Hal ini terlihat dari peningkatan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada setiap siklusnya. Pada siklus I aspek kemandirian meningkat menjadi 57,75 %, aspek kerjasama ditemukan prosentase sebesar 59,48 % dan aspek keberanian siswa dalam berargument 52,58% . Pada siklus II aspek kemandirian meningkat menjadi 66,37
%, aspek kerjasama menjadi 68,96% dan aspek keberanian menjadi 57,75 %. Pada siklus III aspek kemandirian meningkat sebesar 77,58 % , aspek kerjasama meningkat menjadi 75,86 %, dan aspek keberanian meningkat menjadi 70, 68 %. Prestasi belajar siswa juga meningkat pada tiap siklusnya 15% pada siklus I, 26
% pada siklus II, dan 31% pada siklus III.
Langkah-langkah meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe student team achievement divisions sebagaimana yang telah peneliti lakukan adalah: sesuai dengan tiga tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Ditambah lagi dengan pemberian motivasi yang tinggi kepada siswa dan reward (hadiah) berupa pujian kepada kelompok yang aktif dan kompak, sehingga siswa termotivasi untuk meningkatkan prestasi belajarnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ali, Nur | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions; Keaktifan Belajar; Prestasi Belajar | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 10 Feb 2023 11:31 | ||||||
Last Modified: | 10 Feb 2023 11:31 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46371 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |