Darmaningrum, Khaerunnisa Tri (2010) Penerapan Bauran Pemasaran dalam meningkatkan Volume Penjualan produk kripik buah pada Industri Rumah Tangga Rona Kota Batu – Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06130032.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Dunia bisnis yang berkembang di Indonesia semakin berat dalam posisi sebagai industri dan pengusaha dalam menghadapi pesaing industri lainnya. Akan tetapi bisa menjadi kesempatan yang menarik bagi pengusaha jika dalam memproduksi dan mempromosikan barang, sebuah industri dapat menggunakan strategi yang tepat. Strategi dan pertimbangan yang tepat sudah seharusnya dimiliki pengusaha dalam menghadapi persaingan usaha.dalam pemasaran dikenal banyak strategi yang dapat digunakan untuk memasarkan produk yang dihasilkan sebuah perusahaan, salah satunya adalah marketing mix atau bauran pemasaran yang terdiri dari product, place, promotion, and price sebagai alat-alat pemasarannya. Perhatian produsen dalam menggunakan strategi yang tepat akan membawa pengaruh terhadap volume penjualan yang dimiliki oleh perusahaan ini.
Berdasarkan latar belakang diatas maka yang menjadi fokus penelitian ini adalah, pertama penerapan bauran pemasaran pada usaha rumah tangga kripik buah Rona dalam menigkatkan volume penjualan, dan yang kedua adalah peluang dan tantangan apa yang akan dihadapi oleh industri rumah tangga kripik buah Rona.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi.penelitian ini dilakukan bertahap dengan menggunakan langkah-langkah editing, classifying, dan verifying.
Setelah melalui tahap pengumpulan dan analisis data temuan penelitian dpat disimpulkan sebagai berikut: Penerapan strategi bauran pemasaran kripik buah Rona di desa Torongrejo-Batu belum seluruhnya dilaksanakan. Ini dikarenakan dalam proses pemasarannya masih menggunakan saluran distribusi sederhana. Dalam penerapan bauran pemasaran untuk meningkatkan volume penjualan dapat ditemukan beberapa faktor yang membantu meningkatkan volume penjualan, yaitu aspek produk (produk yang berkualitas tinggi), aspek tempat (tempat produksi yang mempunyai dua lokasi mempermudah akses bahan pokok ke rumah produksi). Sedangkan untuk aspek harga dan promosi, masih harus ada perbaikan dan peningkatan secara berkala.
ABSTRACT
Business world that is growing in Indonesia has become severe in the industrial and employers' position in dealing with other industry competitors. but probably represents an exciting opportunity for entrepreneurs if in and consideration of appropriate strategies should be owned by a businessman in the face of competition. widely known in the marketing strategies that can be used to market the company's products, one of which is the marketing mix or marketing mix consisting of product, place, promotion and price as a marketing tool. the attention of producers in using the right strategies will influence the sales volume that is owned by the company. producing and promoting goods, the industry can use the right strategy.
On the basis of background that the focus of this study is the first application of marketing mix chip fruit in domestic turnover increase sales, and the second is the opportunities and challenges facing the chips that the produce home industry “Rona”
The study was qualitative research using interviews, observation, and documentation. This research was carried out in stages by using steps editing, classifying, and verifying.
After going through data collection stage [and data analysis results can be summarized as follows: the application of marketing mix strategies in the village Torongrejo crackers fruit Rona not been fully implemented. This is because in the marketing process is still using a simple distribution channel. in the implementation of the marketing mix to increase sales volume, is aspects of the product (high-quality products), aspects of place (place of production which has two locations that allow easy access to industrial goods home), while for the price and promotional aspects, still there must be improvements in the periodic.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yunus, Muh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Bauran Pemasaran; Volume Penjualan Marketing Mix; Sales Volume | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 10 Feb 2023 11:31 | ||||||
Last Modified: | 10 Feb 2023 11:31 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46369 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |