Mubarok, Husni (2012) Pengaruh penggunaan Media Microsoft Producer dalam pembelajaran kewarganegaraan terhadap motivasi belajar Siswa Kelas V MIN Malang 1. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
![]() |
Text (Fulltext)
08140037.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Kemampuan guru dalam menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif, efektif dan menyenangkan adalah bagian dari sikap profesionalisme pendidik. Pemanfaatan metode dan media pembelajaran menjadi pilihan utama untuk menciptakan pembelajaran yang berkualitas dan menarik motivasi peserta didik. Penyampaian materi pembelajaran tidak boleh secara satu arah dengan teacher of center (terpusat pada guru) akan tetapi harus student of center (terpusat pada siswa), seperti yang telah dikembangkan oleh MIN Malang 1. KBM yang dilaksanakan di madrasah ini telah menggunakan multi metode dan media, namun selama ini masih terbatas pada penggunaan microsoft power point sehingga masih terkesan kurang interaktif. Oleh karena itu, penelitian ini mencoba menggunakan media yang lebih interakktif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, khususnya pada mata pelajaran kewarganegaraan, yaitu Media Microsoft Producer.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pengguanaan media microsoft produser terhadap motivasi belajar siswa. Berdasarkan teori yang dikemukakan oleh Burner dan Edgar Dale bahwa penggunaan media yang lebih interaktif akan meningkatkan semangat belajar sehingga siswa merasa senang dan mudah memahami materipembelajaran.
Adapun jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan berjenis eksperimen untuk mencari pengaruh. Sedangkan sampel yang diambil adalah siswa kelas VB dan VC dimana kelas VB sebagai kelas eksperimen sedangkan VC sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui angket yang diberikan kepada sampel sebelum diberi perlakuan dan sesudah diberi perlakuan, kemudian data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi sederhana.
Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan bahwa secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara X (penggunaan media Microsoft producer) terhadap Y (motivasi belajar) dengan α = 0,05 didapat t Tabel sebesar 2.05183. maka t hitung ≥ t tabel = 2.459 ≥ 2.05183. Secara matematis Y = 40.652+ 0.312X +e artinya bila nilai X ditingkatkan, maka nilai Y juga akan meningkat.
Berdasarkan hasil penelitian ini, maka disarankan bahwa penggunaan media yang interaktif akan meningkatkan semangat belajar siswa. Oleh karena itu, bagi pendidik sebaiknya memanfaatkan media yang lebih variatif dan interaktif.
ABSTRACT
Teacher's ability in making a conducive, effective and pleasure learning atmosphere is a part of teacher's professionalism area. Learning methods and media utilization become the main choice to create a quality and attractive learning for students. Delivery of learning subject should not be in one way method with teacher of center but it should be in the student of center way, as already developed by MIN Malang 1. Learning activity in this school has used multi method and multimedia, but so far just only too so much of using Microsoft power point, so it look less interactive. Therefore, this research try to use a more interactive media to increase student's learning motivation, specially in civic education.
This research is made to know the influence of the use of Microsoft producer media to student's learning motivation. Based on the theory from Burner and Dale that using interactive media will increase learning enthusiasm so student feel happy and understand the learning subject easily.
This kind of research use quantitative approach and is kind of experiment to search for the influence. The sample is taken from VB and VC grade students, where VB class as experiment class and VC as class control. Data is gained from questionnaire which is given to samples before and after being treatment. Than the data is analyzed by simple regression analysis.
The result of simple regression analysis shows that simultanously there is a significant effect between X (Microsoft producer media utilization) and Y (learning motivation) with α= 0,05 resulted t Table amounts 2.05183. than t count≥ t tabel = 2.459 ≥ 2.05183. Mathematically Y = 40.652 + 0.132X +e means that if X value is increased, so value Y will also increase. According to the result of this research, the researcher recommend to use interactive media which will increase student's learning motivation. Therefore, the teacher should make the best use of more varieties and interactive media.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sholeh, Achmad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Media microsoft producer; Kewarganegaraan; Motivasi belajar; siswa kelas 5 Min Malang 1 | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 10 Feb 2023 12:52 | ||||||
Last Modified: | 10 Feb 2023 12:52 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46366 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |