Kholis, Nur (2009) Pembelajaran Bahasa Indonesia Berparadigma Kritis Transformatif dalam peningkatan Kreatifitas berfikir siswa Madrasah Ibtidaiyah 6 Tahun Tambak Boyo Sumber Sanan Kulon Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07140075.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (434kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Skripsi ini merupakan problematisasi terhadap modernisme pendidikan, dengan melihat kelemahan dan ketidakbaikan “Filsafat Modern” yang dimulai dari Rasionalisme, Empirisme, dan Positivisme bahkan Saintivisme”. Dan untuk menjalani studi kritik terhadap landasan epistemologi pengetahuan modernisme pendidikan di atas penulis menggunakan semangat pengetahuan filsafat mulai Madzhab Kritis sampai Posmodern, sehingga akan lebih terlihat kelemahan dan ketidakbaikan modernisme pendidikan. Untuk itulah, akan diformulasikan pendidikan yang menjadikan madzhab kritis dan posmodern sebagai landasan epistimologinya dengan istilah “Pembelajaran Bahasa Indonesia Berparadigma Kritis Transformatif Dalam Peningkatan Kreatifitas Berfikir Siswa” untuk mengkritisi modernisme pendidikan dengan harapan akan terjadi perubahan (transformasi) baik disisi pengembangan pengetahuannya maupun kehidupan sosial yang dikehendakinya, yang tentunya berbeda dengan harapan modernisme pendidikan, dengan fokus penelitian: 1. Bagaimana Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia Berparadigma Kritis Tranformatif Dalam Peningkatan Kreatifitas Berfikir Siswa di MI 6 Tahun Tambak Boyo Sumber Sanan Kulon Blitar ?, 2. Bagaimana pelaksanaan Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia Berparadigma Kritis Tranformatif Dalam Peningkatan Kreatifitas Berfikir Siswa di MI 6 Tahun Tambak Boyo Sumber Sanan Kulon Blitar ?, 3. Kendala apa sajakah yang dihadapi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berparadigma Kritis Tranformatif Dalam Peningkatan Kreatifitas Berfikir Siswa di MI 6 Tahun Tambak Boyo Sumber Sanan Kulon Blitar ?, 4. Upaya yang dilakukan guru Dalam pengembangan kreatifitas siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia berparadigma kritis tranformatif di MI 6 Tahun Tambak Boyo Sumber Sanan Kulon Blitar ?
Dalam skripsi ini, penulis menggunakan Library Research, yaitu penulisan berdasarkan literatur melalui penyelidikan kepustakaan dengan membaca buku-buku primer, skunder dan penunjang yang berhubungan dengan pembahasan yaitu “Pembelajaran Bahasa Indonesia Berparadigma Kritis Transformatif Dalam Peningkatan Kreatifitas Berfikir Siswa” sebuah modernisme pendidikan, melalui tehnik pengumpulan data Dokumenter, tehnik analisis datanya menggunakan (1) Analisis Deskriptif, (2) Conten Analisis dan (3) Analisis Kritis.
Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa konsep kritis transformatif dapat digunakan sebagai katalis untuk arah baru Pendidikan, baik di epistimologi pengembangan pengetahuannya, hubungan sekolah dan masyarakat (dari subyek-subyek menjadi partisipatoris intersubyektif), hubungan sekolah dan masyarakat (dari induvidualis menjadi partisipator) kurikulum (dari vertikal menjadi horizontal), serta pola pembelajaran (dari intimidatif menjadi partisipatoris), tujuan pembelajaran (menjadi lebih mandiri, kritis dan peka sosial), isi pembelajaran (lebih komunikatif), metode pembelajaran (dari dogmatis menjadi dialogis intersubyektif), pendekatan pembelajaran (dari pedagogis dogmatis menjadi andragogy dialogis) evaluasi pembelajarannya (lebih partisipatoris dan komprehensif), dan pengelolaan media pembelajaran (lebih tepat guna) maupun andaian kehidupan sosialnya yang berkeadilan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan wahana yang konstruktif dalam kaitannya dengan peningkatan mutu Pendidikan Bahasa Indonesia kedepan, baik secara teoritis maupun praktis, selain itu hasil penilaian ini belum bisa dikatakan final, maka dari itu diharapkan terdapat peneliti lebih lanjut yang mengkaji ulang hasil penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Maimunah, Siti Annijat | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pembelajaran Bahasa Indonesia Berparadigma Kritis Transformatif; Peningkatan Kreatifitas Berfikir Siswa | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Meirisa Anggraeni | ||||||
Date Deposited: | 10 Feb 2023 12:51 | ||||||
Last Modified: | 10 Feb 2023 12:51 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46358 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |