Krisdiyanti, Krisdiyanti (2010) Kreativitas dan Inovasi Wirausaha dalam meningkatkan Kinerja Pemasaran: Studi kasus CV Setia Tailor-Konveksi Tajinan Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06130030.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Di tengah kondisi krisis ekonomi seperti saat ini terutama dengan adanya pasar bebas, tidak jarang perusahaan besar terancam brangkut bahkan gulung tikar karena biaya produksi yang semakin mahal dan tidak dapat di tekan. Hal ini berarti menambah jumlah pengangguran yang ada di Indonesia, dimana masalah ketenagakerjaan sudah menjadi masalah besar bagi perekonomian Indonesia. Dalam kondisi seperti ini tidak mudah bagi perusahan untuk mempertahankan usahanya dan memperoleh keuntungan yang maksimal. Oleh karena itu, seorang wirausaha harus mampu bersikap kreatif serta inovatif dalam menghadapi persaingan.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil mengenai kreatifitas dan inovasi wirausaha dalam meningkatkan kinerja pemasaran. Adapun aspek penelitian di CV Setia Tailor Konveksi Tajinan Malang ini meliputi aspek latar belakang usaha, kreativitas dan inovasi, serta kinerja pemasaran dalam berwirausaha. Penelitian ini dilakukan di daerah Tangkilsari Rt 05 Rw 01
Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang pada bulan April 2010.
Untuk memperoleh data dalam penelitian ini penulis menggunakan Metode penelitian deskriptif kualitatif dengan tekhnik pengumpulan data melalui pengamatan atau observasi partisipatif, wewancara dan dokumentasi. Hal ini dilakukan untuk mengetahui kreatifitas dan inovasi wirausaha dalam meningkatkan kinerja pemasaran pada perusahaan CV Setia Tailor dan konveksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perusahaan CV Setia Tailor dan konveksi setelah menerapkan kreatifitas dan inovasi dalam berwirausaha. Hal ini dapat diketahui dari kinerja perusahaan yang semakin meningkat dari tahun ke tahun. Dengan adanya kreatifitas dan inovasi wirausaha ini menjadikan CV Setia ini lebih di kenal di kalangan pasar seperti lembaga perguruan tinggi ,sekolah dan lembaga-lembaga perkantoran yang ada di Malang.
Peneliti menyarankan bahwasanya kita selaku insan kamil agar lebih kreatif dan inovatif dalam menghadapi hidup. Apalagi memasuki era globalisasi, dengan diberlakukannya pasar bebas mengakibatkan persaingan usaha yang sangat besar. Jangan sampai bangsa Indonesia di kuasai oleh bangsa lain karena kurang kreatif dan inovatif dalam berwirausaha. Oleh karena itu kita harus peka terhadap peluang yang ada dengan selalu bersikap kreatif dan inovatif.
ABSTRACT
In the middle of crisis economic condition like this time especially with existence the free trade often the big company lose even down because production cost which costly progressive and it can not depress. Matter this means adding the amount of unemployment exist in Indonesia where the problem as employment have become big problem to Indonesia economic. In this condition does not easy for take care to maintain its effort and get maximal advantage. Therefore, a busnissman has to be able to behave creative and also innovation to face emulation.
This research aim to description of profile concerning innovation and creativity of entrepreneur improving marketing performance. As aspect research in CV Setia Tailor Convection Tajinan Malang are effort, innovation, and creativity, and also marketing performance of entrepreneur. This research Tangkilsari Rt. 05 Rw. 01 Tajinan Malang at April 2010.
To gat this date research writer use descriptive method researchsing qualitative with date collecting technique with participative observation or perception, documentation and interview. It`s done to know innovation and creativity of entrepreneur to improve marketing performance at CV Setia Tailor and Convection Company.
Result of research indicate that CV Setia Tailor and Convection company after applying innovation and creativity in business. This matter can be known from company performance progressively mount from year to year. Existancing of innovation and creativity of business make CV Setia Tailor and Convection well- know among market like college institute, school, and company in Malang.
Researcher suggest us as conscience to more creative and innovative to face our life. Coming globalization era, gone into effect of free trade result of the biggest effort. Indonesian nation does not be mastered by foreigner because uncreative and un innovative entrepreneur. Therefore we have sensitive to exist opportunity that creative and innovative.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yunus, Muh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kreativitas; Inovasi; Wirausaha; Kinerja Pemasaran Creativity; Innovation; Entrepreneur; Marketing Performance | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 10 Feb 2023 11:31 | ||||||
Last Modified: | 10 Feb 2023 11:31 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46356 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |