Hidayati, Ani (2009) Penerapan Strategi Active Learning melalui Metode Problem Solving untuk meningkatkan Prestasi belajar Siswa Kelas IVB pada Mata Pelajaran Matematika di MI Raudlatul Falah Talok Turen. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07140074.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (624kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Untuk berhasilnya statu pembelajaran, ada tiga mainstream yang perla disoroti, yaitu pembaharuan currículo, peningkatan kualitas pembelajaran, dan efektifitas pembelajaran.Kurikulum pendidikan harus komprehensif terhadap dinamika sosial, relevan, tidak overload dan mampu mengakomodasikan keberagaman keperluan dan kemajuan teknologi. Kualitas pembelajaran harus ditingkatkan untuk memperbaiki kualitas hasil pendidikan. Secara mikro harus ditemukan strategi atau metode pendekatan yang efektif di kelas, yang lebih memberdayakan portensi siswa.Terutama pada mata pelajaran matematika. Matematika sangat dirasakan sulit oleh siswa. Untuk menjadikan pembelajaran Matematika yang lebih aktif dan bermakna, guru harus mempunyai cara atau metode yang tepat.Oleh karena itu salah satu lembaga pendidikan Islam, MI Raudlatul Falah Talok Turen selalu berusaha untuk meningkatkan kualitas sekolahnya .
Berangkat dari permasalahan diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan strategi Active Learning melalui metode Problem Solving untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran matematika di MI Raudlatul Falah Talok Turen? Dan (2)Apakah penerapan strategi Active Learning melalui metode Problem Solving dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IVB pada mata pelajaran matematika di MI Raudlatul Falah Talok Turen?
Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (class-room action research) dengan jenis penelitian mandiri. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, dokumentasi, dan test. Data yang bersifat kualitatif dianalisa dengan analisa deskriptif kualitatif sedangkan data yang bersifat kuantitatif dianalisa dengan analisa deskriptif kuantitatif.
Dari penelitian yang dilakukan di lapangan, strategi Active Learning melalui metode Problem Solving dengan cara memberikan replika balok dan kubus kepada siswa dan mengamati sifat-sifat kubus dan balok,membuka jaring- jaring balok dan kubus terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Dari hasil observasi dan data empiris di lapangan menunjukkan bahwa penerapan strategi Active Learning melalui metode Problem Solving terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di MI Raudlatul Falah Talok Turen. Hasil pre test menunjukkan nilai rata-rata sebesar 52, hasil siklus I menunjukkan rata-rata 67 atau meningkat 28.84% sedangkan hasil siklus II menunjukkan nilai rata-rata 86.25% atau meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar 28.73%. Dan bentuk aplikasi dari penerapan strategi Active learning melalui metode Problem Solving adalah penggunaan balok dan kubus dari kertas karton yang terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di MI Raudlatul Falah Talok Turen.
Adapun saran penelitian adalah (1) hendaknya para guru lebih banyak memilih strategi yang akan digunakan saat akan melakukan pelaksanaan pembelajaran. Agar pembelajaran tidak menjadi bosan dan meghidupkan kelas dan siswa belajar dengan aktif.Banyak sekali strategi yang bisa diterapkan jika para guru mau aktif.(2) Guru adalah penentu keberhasilan siswa jadi seorang guru harus benar-benar menguasi pembelajaran yang akan diajarkan kepada siswa. Guru tidak boleh setengah setengah pada saat mengajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Maimun, Agus | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Strategi Active Learning; Metode Problem Solving; Prestasi Belajar; Matematika | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Meirisa Anggraeni | ||||||
Date Deposited: | 10 Feb 2023 12:52 | ||||||
Last Modified: | 10 Feb 2023 12:52 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46349 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |