Farhan, Amir (2010) Penerapan Manajemen Sumber Daya Manusia dalam meningkatkan Kualitas Pendidikan di SMA Negeri 1 Kertosono Kabupaten Nganjuk. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06130028.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Manajemen sumber daya manusia ini merupakan suatu bentuk pengakuan akan pentingnya anggota organisasi (personel) sebagai sumber daya yang dapat mendukung tercapainya tujuan organisasi, pelaksanaan fungsi dan kegiatan- kegiatan organisasi untuk menjamin bahwa mereka dipergunakan secara efektif dan adil demi kepentingan organisasi, individu, dan masyarakat
Sebagai suatu lembaga pendidikan formal, dalam pelaksanaan pendidikannya di sekolah sangat ditekankan adanya peningkatan kualitas sebagai jawaban terhadap kebutuhan dan dinamika masyarakat yang sedang berkembang, sehingga peningkatan kualitas sumber daya manusia dapat diwujudkan melalui pelaksanaan manajemen.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif merupakan penelitian yang berusaha mendeskripsikan dan menginterpretasikan data yang ada, di samping itu penelitian deskriptif terbatas pada usaha mengungkapkan suatu masalah atau dalam keadaan ataupun peristiwa sebagaimana adanya, sehingga bersifat sekedar mengungkapkan fakta (fact finding).
Penulisan skripsi ini bertujuan untuk. (1). Mendeskripsikan Kualitas Pendidikan di SMA Negeri 1 Kertosono Nganjuk, (2). Mendeskripsikan Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SMA Negeri 1 Kertosono Nganjuk, (3). Mendeskripsikan Kendala Dan Solusi Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SMA Negeri 1 Kertosono Nganjuk.
Teknik analisis data yang peneliti gunakan dalam penulisan skripsi ini adalah teknik analisis data deskriptif kualitatif, yaitu pengumpulan data berupa kata-kata bukan angka-angka. Dengan tujuan menggambarkan keadaan atau fenomena yang ada di lapangan (hasil research) dengan dipilih-pilih secara sistematis menurut kategorinya dengan menggunakan bahasa yang mudah dicerna atau mudah dipahami oleh masyarakat umum
Hasil penelitian dari penerapan Manajemen sumber daya manusia dalam meningkatkan kualitas pendidikan dapat di simpulkan sebagai berikut : (1). Kualitas pendidikan di SMA Negeri 1 Kertosono Nganjuk tergolong baik. Dilihat dari proses pendidikannya yang berjalan dengan lancar dan ditunjang oleh banyaknya hasil prestasi-prestasi yang diperoleh, baik tingkat kabupaten maupun propinsi. Pada tahun ini Siswa-siswi kelas XII di SMA Negeri 1 Kertosono Nganjuk Program IPA, merupakan lulusan dengan Nem tertinggi tingkat Propinsi, dan pada program IPS, merupakan lulusan dengan Nem tertinggi pada tingkat Kabupaten. Dan lengkapnya fasilitas pendidikan di kelas atau di luar kelas, walaupun masih minim, baik dalam konteks kurikuler maupun ekstra-kurikuler, serta hasil kelulusan yang memuaskan yang banyak dicapai para siswa-siswi kelas XII pada UAN. (2). Proses manajemen sumber daya manusia di SMA Negeri 1 Kertosono Nganjuk adalah: Melakukan perencanaan sumber daya manusia yang baik, Penarikan sumber daya manusia (recruitmen) terhadap pelamar yang lulus syarat, seleksi dengan tes dan wawancara, mengadakan pelatihan dan pengembangan guna peningkatan kemampuan tenaga pendidik, melakukan penilaian prestasi kerja, memberi kesejahteraan pada pegawai serta, Penciptaan Dan Pembinaan Hubungan Kerja yang Efektif, melakukan pemutusan hubungan kerja apabila sudah memasuki masa pensiun. (3). Kendala manajemen sumber daya manusia dalam meningkatkan kualitas pendidikan di SMA Negeri 1 Kertosono Nganjuk adalah: Sumber daya manusia atau tenaga pendidik yang kelihatannya mampu dalam mengajar, namun dalam praktek di lapangan masih kurang memuaskan dan kemauan memperbaiki diri dirasakan sulit oleh kepala sekolah. Selain itu terkadang sumber daya manusia atau tenaga pendidik dan para pegawai mengalami kemalasan dalam melaksanakan tugas (job description) yang diberikan. Kendala dari sumber daya manusia atau personal yang kadang-kadang merasa tidak diperhatikan karena itu kepala sekolah sering kali mengalami dilemma dan beban perasaan.
Dalam mengantisipasi kendala-kendala yang muncul, kepala sekolah telah mengupayakan solusi untuk manajemen sumber daya manusia dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Solusi yang diupayakan adalah: Mengadakan pelatihan dan pengembangan pembinaan mental/dedikasi dan ESQ, mengikutkan tenaga pendidik ke workshop-workshop yang ada di jawa timur, guna untuk meningkatkan proses pengajaran yang baik. Memberikan dana dispensasi bagi tenaga pendidik dan pegawai agar dapat meningkatkan minat tenaga pendidik dan pegawai untuk tidak malas dan lebih bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas (job description) yang telah di berikan. Dalam mengatasi kendala dari personal yang terkadang merasa kurang diperhatikan, dan untuk menjalin keakraban antar tenaga pendidik, kepala sekolah telah melakukan solusi dengan pendekatan secara kekeluargaan dan mengadakan rekreasi tiap liburan semester serta mengadakan peringatan acara hari besar keagamaan seperti memperingati acara Maulid Nabi SAW, isra’ mi’raj, idul fitri, idul adha, dan acara-acara keagamaan lainya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Efiyanti, Alfiana Yuli | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Manajemen Sumber Daya Manusia; Kualitas Pendidikan | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 10 Feb 2023 11:30 | ||||||
Last Modified: | 10 Feb 2023 11:30 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46347 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |