Irawati, Ervina (2007) Manajemen pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri Tlogo Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Full text)
03110166.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (692kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Secara umum Pendidikan Agama Islam merupakan mata pelajaran yang di kembangkan dari ajaran-ajaran dasar yang terdapat dalam agama Islam. Ajaran-ajaran tersebut terdapat dalam Al-Qur’an dan Al-Hadits untuk kepentingan pendidikan. Maka pelajaran Pendidikan Agama Islam tidak hanya mengantarkan peserta didik untuk menguasai berbagai ajaran Islam. Tetapi yang terpenting adalah bagaimana peserta didik dapat mengamalkan ajaran-ajaran itu dalam kehidupan sehari-hari. Manajemen pembelajaran Pendidikan Agama Islam merupakan sebuah usaha yang dilakukan guru dalam mengelola pembelajaran agar pembelajaran yang dilakukan sesuai dengan target yakni memberikan tingkat keberhasilan siswa dalam pembelajaran. Oleh karena itu manajemen pembelajaran sangat penting sekali dalam suatu kegiatan belajar mengajar.
Dari latar belakang di atas maka penulis mengambil rumusan masalah antara lain: Bagaimana manajemen pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Neegeri Tlogo Blitar?, dan faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat manajemen pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri Tlogo Blitar?. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri Tlogo Blitar, pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri Tlogo Blitar, Evaluasi pembelajaran pendidikan agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri Tlogo Blitar, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Negeri Tlogo Blitar.
Pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, interview/wawancara, dan dokumentasi. Informannya adalah Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, dan 5 orang Guru PAI. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu mendiskripsikan dan menginterprestasikan data yang telah di dapat sehingga mengambarkan realitas yang sebenarnya sesuai dengan fenomena yang ada.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri Tlogo Blitar adalah GPAI membuat perencanaan pembelajarannya sesuai dengan kurikulum yang dipakai dan juga sesuai dengan materi yang akan disampaikan, pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri Tlogo Blitar berjalan sebagaimana biasanya, dan sesuai dengan apa yang telah direncanakan oleh GPAI yang ada serta GPAI dalam menyampaikan pembelajarannya menggunakan beberapa metode yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan, evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri Tlogo Blitar mengikuti kurikulum yang dipakai, karena kurikulum yang dipakai disana adalah KBK, maka yang dijadikan bahan evaluasi harus memperhatikan ketiga ranah: kognitif, afektif dan psikomotorik. Adapun faktor pendukungnya adalah: sarana dan prasarana yang cukup memadai dalam menunjang keberhasilan proses pembelajaran, semua GPAI telah memenuhi persyaratan sebagai guru profesional, semua Bapak/Ibu guru setelah memiliki etos kerja yang baik dalam mentransformasikan ilmu dan keteladanannya, tenaga pengajar yang sesuai bidangnya, adanya kebersamaan, keluarga yang harmonis, motivasi belajar siswa, serta motivasi dari orang tua. Sedangkan faktor penghambatnya adalah: alokasi waktu yang kurang, jiwa psikologis yang berbeda-beda, siswa kurang disiplin, kurangnya buku penunjang khususnya buku agama, kurang perhatian dari sebagian orang tua. Dengan adanya faktor penghambat ini bisa dijadikan bahan untuk dievaluasi, sebagai apa yang masih kurang dalam manajemen pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam prestasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri Tlogo Blitar bisa diperbaiki dalam waktu yang akan datang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ali, Nur | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Manajemen Pembelajaran; Pendidikan Agama Islam; Prestasi Belajar siswa | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri | ||||||
Date Deposited: | 10 Feb 2023 11:19 | ||||||
Last Modified: | 10 Feb 2023 11:19 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46346 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |