Haryanto, Sugeng (2009) Penerapan pendekatan Kontekstual melalui Metode tanya jawab dalam meningkatkan Prestasi belajar IPA pada Siswa Kelas IV MI NU Miftahul Huda di Jabung Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07140072.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada awal kemunculannya terbukti telah memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap kemajuan peradaban modern. Eropa adalah bangsa yang mampu mengembangkan ilmu tersebut dengan baik, namun di negeri pengembangannya masih relatif kurang. Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor terbesarnya adalah lemahnya metodologi pembelajaran yang di terapkan dalam dunia pendidikan itu sendiri. Maka, perlu kiranya dikembangkan metode pembelajaran IPA yang dapat memberikan pengaruh besar terhadap peningkatan prestasi belajar siswa dan siswi di sekolah.
Berdasarkan uraian di atas, maka kiranya perlu diadakan suatu penelitian dengan mengangkat suatu topik yang dianggap sesuai dengan kondisi yang dihadapi dewasa ini, dengan judul “ Penerapan Pendekatan Kontekstual Melalui Metode Tanya Jawab Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV MI NU Miftahul Huda Di Jabung Malang” dengan subfokus 1. Apakah penerapan pendekatan kontekstual melalui metode tanya jawab dapat meningkatkan prestasi belajar IPA pada siswa kelas IV MI NU Miftahul Huda di Jabung Malang?, 2. Bagaimana penerapan pendekatan kontekstual melalui metode tanya jawab dalam meningkatkan prestasi belajar IPA pada siswa kelas IVa MI NU Miftahul Huda di Jabung Malang?. Tujuan penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui penerapan pendekatan kontekstual melalui metode tanya jawab dapat meningkatkan prestasi belajar IPA pada siswa kelas IV MI NU Miftahul Huda di Jabung Malang. 2. Mendiskripsikan penerapan pendekatan kontekstual melalui metode tanya jawab dalam meningkatkan prestasi belajar IPA pada siswa kelas IVa MI NU Miftahul Huda di Jabung Malang.
Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Malang, tepatnya di MI NU Miftahul Huda Jabung Malang. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research ). Tahap penelitian ini mengikuti model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart, yaitu berupa suatu siklus spiral yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik-teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: (1) observasi; (2) pengukuran tes hasil belajar; dan (3) dokumentasi. Data yang diperoleh dari tindakan kemudian dianalisis. Data yang bersifat kualitatif yang terdiri dari hasil observasi dan dokumentasi dianalisis secara kualitatif, sedangkan data yang dikumpulkan berupa angka atau data kuantitatif, cukup dengan menggunakan analisis deskriptif dan sajian visual.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa penerapan metode tanya jawab dengan pendekatan kontekstual pada mata pelajaran IPA dapat menigkatkan prestasi belajar siswa di MI Miftahul Huda Jabung Malang. Dampak yang dapat dilihat adalah terhadap sembilan prestasi belajar yaitu adanya peningkatan keaktifan individu, keaktifan secara kelompok, nilai ulangan harian, ketangkasan menjawab pertanyaan, ketepatan waktu mengerjakan tugas, memilki indikator, mampu mempraktekkan indikator, siswa memperhatikan guru menjelaskan dan siswa tanggap terhadap instruksi dan rencana pembelajaran.
Adapun penerapan metode tanya jawab dengan pendekatan kontekstual pada mata pelajaran IPA dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MI Miftahul Huda Jabung Malang adalah sebagai berikut: Langkah pertama yang dilakukan adalah membentuk kelompok belajar menjadi empat kelompok, yang masing-masing terdiri dari delapan orang anggota kelompok sesuai dengan nomor urut absen. Langkah kedua tiap kelompok diberikan peta konsep tentang sumber daya alam, kemudian tiap kelompok diperintahkan untuk mengilustrasikan peta konsep yang telah dibagikan kepada setiap kelompok, dan membuat ilustrasi contoh riil yang terjadi di kehidupan sehari-hari. Langkah ketiga adalah pemberian instruksi untuk bekerjasama dengan seluruh anggota kelompok masing-masing (yang tahu memberi tahu pada yang belum tahu, yang pandai mengajari yang lemah). Dan diharapkan Semua anggota kelompok bertanggungjawab atas kelompoknya masing-masing. Langkah keempat adalah guru memberikan lontaran-lontaran pertanyaan secara langsung. Langkah kelima adalah memberikan pertanyaan dalam bentuk tekstual.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Supriyatno, Triyo | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pendekatan Kontekstual; Tanya Jawab; Prestasi Belajar | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Meirisa Anggraeni | ||||||
Date Deposited: | 08 Feb 2023 14:28 | ||||||
Last Modified: | 08 Feb 2023 14:28 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46333 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |