Kurniaturohima, Dwi (2010) Penerapan Metode Inquiry dalam meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMP Shalahuddin Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06130013.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
IPS merupakan mata pelajaran yang sangat penting karena berhubungan dengan kehidupan sehari-hari manusia baik yang masa lampau, masa sekarang maupun masa yang akan datang. Integrasi mata pelajaran IPS sangatlah kompleks antara lain mata pelajaran Ekonomi, Geografi, Sejarah, Sosiologi dan lain-lain. Pembelajaran Ekonomi seringkali dilaksanakan menggunakan metode ceramah hal ini membuat siswa kurang aktif dalam kegiatan belajar mengajar karena siswa cenderung sebagai pendengar dan pencatat sehingga penanaman pembelajaran sangat kurang, salah satunya yang terjadi di SMP Shalahuddin Malang. Dengan realita yang seperti itu maka diperlukan metode yang mampu mengaktifkan siswa dalam kegiatan belajar mengajar, salah satunya dengan metode Inquiry.
Manfaat penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan proses perencanaan pembelajaran metode Inquiry dalam meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi Di SMP Shalahuddin Malang; 2) Mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran metode Inquiry dalam meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi Di SMP Shalahuddin Malang; 3) Mendeskripsikan penilaian proses dan hasil belajar pembelajaran metode Inquiry dalam meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi Di SMP Shalahuddin Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kurt Lewin dengan 3 (tiga) siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMP Shalahuddin Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, evaluasi hasil belajar, wawancara, dokumentasi dan angket. Data yang bersifat kualitatif yang terdiri dari hasil observasi dan dokumentasi dianalisis secara deskriptif kualitatif, sedangkan data yang berupa angka atau data kuantitatif cukup dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan sajian visual.
Hasil analisis data setelah penerapan metode pembelajaran Inquiry menunjukkan bahwa penerapan metode Inquiry dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa baik individu maupun kelompok dan meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi.
Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah terbukti dari adanya peningkatan keaktifan siswa -baik individu, kelompok- dan prestasi belajarnya. Untuk itu, saran yang disampaikan pada pelaksana pembelajaran agar dapat menerapkan metode Inquiry yang lebih bervariasi. Guna penelitian lebih lanjut dapat sebagai kajian untuk diadakannya penelitian tentang penerapan metode Inquiry terhadap variabel yang lain.
ABSTRACT
Social science is a very important subject because it deals with human’s daily life whether in the past, in the present, or in the future. The integration of social science subject is very complex including Economics, Geography, History, Sociology, and others. Economics learning is often accomplished by using the lecturing method. It makes the students less active in teaching and learning activity because they tend to be as the listener and recorder so that the learning investment is very less. It happens in Salahudin junior high school Malang. Therefore, a method is needed that is able to activate the students in the learning activity, one of them by Inquiry method.
The benefits of this research are: 1). Describing the planning process of learning of inquiry method in improving the liveliness and achievement of learning in Economics subject at Salahuddin Junior High School Malang; 2). Describing the implementation process of learning of inquiry method in improving the liveliness and achievement of learning in Economics subject at Salahuddin Junior High School Malang; 3). Describing the assessment process and outcomes of learning of inquiry method in Economics subject at Salahuddin Junior High School Malang.
This study uses qualitative approach. The type of this study is Class Action Research (CAR) by using Kurt Lewin’s model with three cycles. The subject of this research is the students of class VII C Salahuddin Junior high school Malang. The data collection techniques used are observation, evaluation of learning result, interview, documentation, and questionnaire. Qualitative data which consist of observation and documentation of the results are analyzed descriptively and qualitatively, while the data which are in the form of numbers or quantitative data are analyzed by using quantitative descriptive analysis and visual offerings.
The results of data analysis after the application of Inquiry learning methods showed that the application of this method can enhance students' learning livelinesss of both individuals and groups and to improve student achievement in the subjects of Economy.
The conclusion of this research is the use of Inquiry method in learning activity can increase the liveliness and achievement of the students both individually and in group. Therefore, the suggestion given by the researcher on implementing the learning is applying the Inquiry method more varied. The aim of the further research can be as the research study on the application of Inquiry method to the other variables.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Abubakar, Istianah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Penerapan; Inquiry; Keaktifan; Prestasi Belajar; Ekonomi; Application; Inquiry; Liveliness; Learning achievement; Economics | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 08 Feb 2023 14:28 | ||||||
Last Modified: | 20 Jul 2023 14:09 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46332 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |