Pendidikan karakter bersedekah di dalam surat Al-Mujadalah ayat 12-13 menurut beberapa tafsir

Sukaria, Dearga (2016) Pendidikan karakter bersedekah di dalam surat Al-Mujadalah ayat 12-13 menurut beberapa tafsir. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
12110140.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Sedekah merupakan ibadah sunah yang melibatkan spiritual diri dan hubungan dengan sesama manusia, melalui pemberian akan sesuatu kepada orang lain secara ikhlas dan beriman kepada Allah. Begitu banyak hikmah dan manfaat yang diambil dari ayat-ayat Allah dan hadis Nabi ﷺ mengenai disunahkannya bersedekah. Selain dapat memberikan banyak manfaat bagi si penerima, sedekah juga dapat menyucikan harta dan hati sang pemberi sedekah sekaligus melipatgandakan harta yang telah disedekahkan. Namun, saat ini masih banyak orang yang enggan bersedekah, berakar pada kurangnya keyakinan kepada Allah sehingga menimbulkan rasa takut akan hidup kekurangan apabila harta yang dimiliki diberikan kepada orang lain. Persepsi yang salah tentang bersedekah tanpa sadar sudah melekat pada diri seseorang sejak pada masa usia dini. Suatu persepsi yang salah bermula pada lemahnya karakter kerelaan untuk berderma yang dapat dicerminkan melalui perilaku dan didikan orang tua. Oleh karena itu penanaman dan pembangunan karakter melalui pendidikan karakter bersedekah perlu dicanangkan di seluruh lapisan masyarakat dengan tetap berpegang teguh pada syari’at Islam.

Pada Surat Al-Mujadalah ayat 12-13 menyebutkan perintah Allah tentang sedekah pada konteks yang berbeda, yaitu diwajibkan bersedekah bagi Mukmin yang ingin berdialog khusus kepada Nabi ﷺ mengingat pada jaman itu begitu banyak orang yang ingin berkonsultasi secara khusus kepada beliau. Tanpa menolak keinginan mereka, Allah meringankan beban Nabi ﷺ dengan menurunkan ayat 12. Namun pada akhirnya ayat itu di-mansukh dengan ayat 13. Untuk memahami secara mendalam mengenai ayat tersebut maka diperlukannya buku tafsir yang membahas tentang sedekah dari sisi edukatifnya. Dimana sedekah dalam konteks ayat ini memiliki nilai-nilai pendidikan karakter yang dapat ditanam dan dikembangkan pada anak diluar proses belajar dan pembelajaran di kelas.

Tujuan dari adanya penelitian untuk (1) memahami konsep sedekah di dalam Surat Al-Mujadalah ayat 12-13 menurut beberapa tafsir, (2) menyebutkan dan memahami pendidikan karakter bersedekah berdasarkan Surat Al-Mujadalah ayat 12-13 menurut beberapa tafsir.

Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian pustaka. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menelaah dan mengkaji literatur-literatur yang berkaitan dengan pembahasan. Data dianalisis dengan menerapkan metode deskriptif analisis, yang disusun secara sistematik dan menyeluruh dan juga metode mawdhu’i atau metode tematik yang merupakan salah satu metode tafsir Al-Qur’an dengan langkah-langkah: menentukan topic yang akan dibahas di dalam Al-Quran, memahami asbabun nuzul dan hubungan ayat dengan suratnya dan menyusun laporan secara sistematik dan menyeluruh.

Hasil penelitian menjelaskan bahwa, (1) konsep dari sedekah di dalam Surat Al-Mujadalah ayat 12-13 berdasarkan pendapat beberapa tafsir yaitu sedekah merupakan dana wajib sebagai bantuan yang harus dibayar oleh kaum Muslim yang ingin berdialog pribadi dengan Nabi ﷺ kepada fakir miskin tepat sebelum memulai pembicaraan pribadi itu dilakukan, sedangkan (2) pendidikan karakter bersedekah dalam Surat Al-Mujadalah ayat 12-13 berdasarkan pendapat beberapa tafsir yaitu keimanan, ketaatan, kebaikan, kesucian, rasa cinta, rela berkorban, kepedulian, empati, kesopanan dan etika pergaulan,

ENGLISH:

Shadaqah is the sunah (recommended) deed that involves on self-spiritual and relation among people, through giving something to others sincerely and faith to Allah . There are many wisdom and beneficence obtained from Allah’s verses and Prophet’s advices about the recommendation giving shadaqah. Besides can give much beneficence for recipient, shadaqah also can purify the heart and wealth of the giver and multiplies the wealth which given to shadaqah. Unfortunately, still many people who reluctant to spend their wealth in charity, rooted by the lack of conviction to Allah until raise up the feeling of afraid to be poor if they divide their wealth to others. The wrong perception about shadaqah unconsciously has been clinging to somebody’s mind since they were in childhood. It is begun the weak of character to generous willingness that reflected to the parent’s upbringing and attitude. Therefore, the character establishment and development through the character education of shadaqah needs to be proclaimed throughout society to stick on the Islamic law.

In Surah Al-Mujadalah verse 12-13 stated Allah’s command about shadaqah in the different context, it is obligated to give shadaqah for Moslem who wants to private dialogue with Prophet, remember at that period there are many people who want to private consult to him. Without any rejection, Allah lighten His Messenger’s burden by reveal the verse 12. But, it cancelled by verse 13 in the end. To understand deeper about those verses, needed commentary book that discuss about shadaqah by the educative side. Shadaqah in this context has the values of character education that can be built for children beyond the teaching and learning process in the class.

The purposes of research are: (1) understand the concept of shadaqah in Surah Al-Mujadalah verse 12-13 according to commentaries, (2) mention and understand the character education of shadaqah in Surah Al-Mujadalah verse 12-13 according to commentaries.

To achieve the purposes above, applied the qualitative research approach with the library research as the research design. The technique of data collecting applied is analyzing and studying the related literatures to the discussion. The data analyzed by applying the analysis descriptive method arranged systematically and comprehensively also used maudhu’i method or thematic method is the one of method Qur’an commentary with some steps as: defined the topic will be discussed in the Qur’an, understand the cause of verse revelation and the relation between the verse and the surah and the last arranged the report systematically and comprehensively.

Research result explain that, (1) the concept of shadaqah in Surah Al-Mujadalah verse 12-13 according to commentaries is the obligation donation could be as assistance funds must be paid voluntarily by Moslems who want privately consultation with Prophet ﷺ to the poor before conveying the private consultation were done, while (2) the character education of shadaqah in Surah Al-Mujadalah verse 12-13 according to commentaries are: beliefs, obedience, kindness, pureness, affections, willingness to sacrifice, cares, empathy, decencies and ethical association

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Wahyuni, Esa Nur
Keywords: Pendidikan Karakter; Sedekah; Surat Al-Mujadalah Ayat 12-13; Character Education; Shadaqah, Surah Al-Mujadalah Verse 12-13
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dimas Andika Putra
Date Deposited: 25 Aug 2016 07:32
Last Modified: 25 Aug 2016 07:32
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4633

Actions (login required)

View Item View Item