Umaria, Siti (2010) Aktualisasi jati diri Koperasi dalam meningkatkan kualitas layanan & kepuasan anggota Koperasi Agro Niaga Jabung Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06130001.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Koperasi merupakan sebuah badan usaha yang di dalamnya terdapat penanaman prinsip-prinsip dan nilai-nilai koperasi yang harus dijunjung tinggi dalam pelaksanaan usaha dan organisasi koperasi. Dalam koperasi anggota merupakan pemilik sekaligus pengguna jasa koperasi. Sehingga kualitas layanan dan kepuasan anggota merupakan prioritas utama. Koperasi Agro Niaga (KAN) Jabung Malang merupakan koperasi serba usaha yang mengutamakan kualitas layanan dan kepuasan anggota, serta menerapkan prinsip-prinsip dan nilai-nilai koperasi sebagai jati dirinya. Berangkat dari latar belakang inilah, penulis kemudian tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul Aktualisasi Jati Diri Koperasi dalam Meningkatkan Kualitas layanan & Kepuasan Anggota Koperasi Agro Niaga Jabung Malang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktualisasi jati diri koperasi dalam meningkatkan kualitas layanan & kepuasan anggota Koperasi Agro Niaga Jabung Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Hal ini karena peneliti berusaha mengungkapkan secara mendalam dan rinci terhadap gejala tertentu dalam suatu organisasi. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, interview (wawancara), dan dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data, tahap- tahap yang dilalui mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh penulis dapat disampaikan bahwasannya aktualisasi jati diri koperasi dalam meningkatkan kualitas layanan dan kepuasan anggota Koperasi Agro Niaga Jabung Malang, dilaksanakan melalui ragam kegiatan antara lain, pengelolaan secara demokratis baik dari segi perekrutan anggota, pembagian SHU, hak suara yang sama dalam Rapat Anggota Tahunan (RAT), serta pemberian jasa kepada anggota, menjalin kemitraan dengan koperasi maupun badan usaha non koperasi, peningkatan SDM melalui pendidikan perkoperasian, serta tanggung jawab sosial kepada anggota dan non anggota, menolong diri sendiri dengan menggalang potensi anggotanya, kejujuran dan terbuka selalu transparan dalam mengelola usaha dan organisasi koperasi.
ABSTRACT
Cooperation is a corporation. It has principles and moral value in entrepreneurship and cooperation organization. The member’s cooperation is the owner and user also. So, the services quality and member’s satisfaction are the main priority. Agro Niaga cooperation of Jabung Malang is multi trading cooperation that gives priority to services quality and member’s satisfaction. It also applies the principles and moral values of cooperation. Because of this background, the author interested to explore the research under title The Actualization of Cooperation Identity to Increase Services Quality and Member’s Satisfaction of Agro Niaga Cooperation of Jabung Malang.
This research use qualitative approach and kind of this research is case study. This is because this researcher tries to express deepen and detail of the certain case in an organization. The methods to collect the data of this research are observation, interview and documentation. While, the researcher uses steps consist of data reduction, data display, and conclusion to analyze the data.
The result of this research can be stated by the researcher that the actualization of cooperation identity to increase services quality and member’s satisfaction of Agro Niaga cooperation of Jabung Malang is done by several activities. Those are democratically management on the member’s recruitment, profits distribution, suffrage in annual meeting, giving merits to member, make relation with other organizations, human source improvement by cooperation education, give responsibility to members or non members, honesty and opened to manage the business and organization.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yunus, Muh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Jati Diri Koperasi; Kualitas Layanan; dan kepuasan Anggota Cooperation Identity; Services Quality; and Member’s Satisfaction | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 08 Feb 2023 14:31 | ||||||
Last Modified: | 08 Feb 2023 14:31 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46316 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |