Huda, Muhammad Nurul (2009) Penerapan Metode Reward dalam meningkatkan Motivasi belajar Matematika Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyyah Nahdlatul Ulama (MI NU) Miftahul Huda Jabung Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07140065.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (983kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pembelajaran merupakan suatu proses yang dilakukan secara sadar pada setiap individu atau kelompok untuk merubah sikap dari tidak tahu menjadi tahu sepanjang hidupnya. Dalam pendidkan saat ini, guru seringkali mendapatkan kesulitan dalam pembelajaran. Misalnya: siswa merasa bosan ketika pembelajaran berlangsung karena tidak ada yang membuat semangat dalam pembelajaran tersebut. Hal ini menyebabkan kurang aktifnya siswa dalam kegiatan pembelajaran, apalagi pada pelajaran yang dianggapnya sulit. Oleh karena itu, peneliti mencoba membuat siswa lebih aktif didalam kegiatan pembelajaran, dan meningkatkan semangat belajar dalam diri siswa. Metode ini, peneliti terapkan pada pelajaran Matematika, karena biasanya siswa merasa bosan dan jenuh pada pelajaran tersebut.
Dari uraian tersebut, peneliti akan mengangkat judul “Penerapan Metode Reward Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyyah Nahdlatul Ulama (MI NU) Miftahul Huda Jabung Malang”. Penelitian ini akan membahas tentang: Bagaimana mendeskripsikan metode Reward pada pelajaran Matematika Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyyah Nahdlatul Ulama (MI NU) Miftahul Huda Jabung Malang?, Bagaimana motivasi belajar matematika dengan menggunakan metode Reward Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyyah Nahdlatul Ulama (MI NU) Miftahul Huda Jabung Malang?, Bagaimana hasil belajar Matematika dengan metode Reward Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyyah Nahdlatul Ulama (MI NU) Miftahul Huda Jabung Malang?. Penelitian ini bertujuan Untuk mendeskripsikan metode Reward pada pelajaran Matematika pada Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyyah Nahdlatul Ulama (MI NU) Miftahul Huda Jabung Malang, Untuk meningkatkan motivasi belajar Matematika dengan menggunakan metode Reward Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyyah Nahdlatul Ulama (MI NU) Miftahul Huda Jabung Malang, Untuk meningkatkan hasil belajar Matematika dengan menggunakan metode Reward Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyyah Nahdlatul Ulama (MI NU) Miftahul Huda Jabung Malang.
Pada penelitian ini dilaksanakan di MI NU Miftahul Huda Di Jabung Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif berbentuk PTK. Pada penelitian ini, akan berpacu pada PTK. Peneliti melakukan pembelajaran sendiri dan dalam pengumpulan data peneliti meminta bantuan guru yang bersangkutan. Pengolahan datanya menggunakan kuantitatif deskriptif. Data yang di peroleh menggunakan kuantitatif dengan teknik prosentase (P:F x100%) kemudian di deskripsikan.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah terlaksana, metode Reward terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Ketika metode Reward di terapkan dalam belajar siswa terlihat sangat serius dan antusis terhadap tugas yang diberikan. Siswa yang mulanya terlihat kurang serius dalam belajar menjadi lebih semangat dalam belajar. Peneliti melihat banyak perubahan yang dialami oleh siswa ketika mereka belajar dengan menggunakan metode Reward dengan metode yang lainnya. Besarnya tingkatnya motivasi yang dimiliki siswa menunjan keberhasilan dalam pelajarnnya, terutama pada nilai yang dicapai dalam pembelajaran tersebut.
Penarapan metode Reward sangat baik dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Siswa merasa senang dalam pembelajaran yang berlangsung dan tujuan dari pembelajaran dapat tercapai dengan maksimal. Motivasi mempunyai pengaruh terhadap hasil nilai siswa. Siswa yang termotivasi, keinginan belajarnya akan meningkat. Siswa terdorong untuk mengerjakan karena adanya dorongan untuk melakukanya. Implementasi Reward ini ketika siswa mengerjakan tugas dan berhasil. Sebelum siswa mengerjakan guru memberikan penjelasan bahwa yang berhasil menyelesaikan tugasnya akan mendapatkan Reward. Penjelasan guru tersebut adalah rangsangan yang diberikan oleh guru sehingga siswa dapat mengerjakan pekerjaannya dengan maksimal. Reward bisa berupa sanjungan, hadiah, dan nilai dari Reward yang telah diberikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Maimun, Agus | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Reward; Motivasi Belajar | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Meirisa Anggraeni | ||||||
Date Deposited: | 08 Feb 2023 14:31 | ||||||
Last Modified: | 08 Feb 2023 14:31 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46315 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |