Ainiyah, Lutpatul (2010) Pengelolaan kelas dalam meningkatkan efektivias proses belajar mangajar mata pelajaran Ekonomi kelas XI di MAN Negara-Bali. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
05130014.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Untuk meningkatkan mutu atau kualitas pendidikan, diperlukan peningkatan dan penyempurnaan dalam pendidikan, yang berkaitan erat dengan peningkatan kualitas proses belajar mengajar secara operasional yang berlangsung di dalam kelas. Oleh karena itu, diperlukan Pengelolaan kelas yang baik agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Pengelolaan kelas merupakan suatu upaya yang dilakukan oleh guru di dalam kelas dengan memberdayakan seluruh potensi kelas yang ada seoptimal mungkin untuk menciptakan suasana atau kondisi kelas yang menunjang program pengajaran, agar siswa ikut terlibat dan berperan serta dalam proses pendidikan di sekolah sehingga tujuan pembelajaran tercapai. Di samping itu, proses belajar mengajar dapat terwujud dengan baik apabila terdapat interaksi yang komunikatif antara guru dengan siswa, sesama siswa maupun dengan sumber belajar lainnya. Dalam pengelolaan kelas, guru sebagai pemeran utama yang sangat menentukan berhasil tidaknya siswa dalam belajar, harus senantiasa memperhatikan dan menciptakan suasana kondusif di dalam kelas. Dengan adanya guru yang berkompeten dan berkualitas diharapkan guru mampu dalam menciptakan suasana belajar yang efektif dan efisien di dalam kelas, khususnya pada mata pelajaran ekonomi. Berpijak dari pemikiran di atas, maka penulis tertarik untuk mengambil sebuah judul yaitu ”Pengelolaan kelas dalam meningkatkan efektifitas proses belajar mengajar mata pelajaran ekonomi kelas XI di MAN Negara-Bali.”
Berdasarkan latar belakang di atas, maka yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru ekonomi dalam meningkatkan efektifitas proses belajar mengajar mata pelajaran ekonomi kelas XI di MAN Negara-Bali, untuk mengetahui usaha-usaha apa yang ditempuh oleh guru dalam pengelolaan kelas sehingga dapat meningkatkan efektifitas proses belajar mengajar mata pelajaran ekonomi kelas XI di MAN Negara-Bali, serta untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi oleh guru pada pengelolaan kelas dalam meningkatkan efektifitas proses belajar mengajar ekonomi kelas XI di MAN Negara-Bali.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif, yaitu pengumpulan data berupa kata-kata bukan angka dengan tujuan menggambarkan keadaan atau kegiatan yang terjadi di lapangan dan dipilih secara sistematis menurut kategorinya dengan menggunakan bahasa yang mudah dicerna atau dipahami oleh masyarakat umum. Adapun yang menjadi subyek penelitian ini adalah waka kurikulum, waka sarana dan prasarana, guru ekonomi dan perwakilan dari siswa. Penelitian metode kualitatif ini menggunakan tiga teknik pengumpulan data yaitu: 1) Observasi, 2) Wawancara, dan 3) Dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru ekonomi dalam meningkatkan efektifitas proses belajar mengajar pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di MAN Negara meliputi: a) perencanaan pembelajaran; b) pengarahan; c) mengatur ruang kelas; d) komunikasi; dan e) kontrol. 2) Usaha-usaha yang ditempuh oleh guru dalam pengelolaan kelas sehingga dapat meningkatkan efektifitas proses belajar mengajar mata pelajaran ekonomi di kelas XI di MAN Negara-Bali antara lain: a) mempersiapkan tugas administratif, b) penggunaan metode pembelajaran dan media pembelajaran yang bervariasi; dan c) menggunakan pendekatan pluralistik.
3) Faktor-faktor penghambat yang dihadapi oleh guru pada pengelolaan kelas dalam meningkatkan efektifitas proses belajar mengajar mata pelajaran ekonomi di kelas XI di MAN Negara-Bali, yaitu: a) faktor-faktor pendukung yaitu; melaksanakan kurikulum KTSP, bangunan dan sarana yang memadai, keterampilan guru dalam melaksanakan pengelolaan kelas, dan siswa yang aktif dalam pelaksanaan proses belajar mengajar; b) faktor-faktor penghambat yaitu; kurang kesadaran siswa dalam melaksanakan efektifitas proses belajar mengajar, kurangnya kedisiplinan guru, kurangnya perhatian orang tua terhadap perkembangan anaknya, dan keterbatasan persediaan fasilitas yang tersedia di sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mubarok, Zulfi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pengelolaan Kelas; Efektifitas Proses Belajar Mengajar | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 08 Feb 2023 14:30 | ||||||
Last Modified: | 07 Jul 2023 13:56 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46314 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |