Responsive Banner

Pelaksanaan strategi Pembelajaran pada Mata Pelajaran IPS (Ekonomi) di SMP Negeri 4 Blitar

Rochmawati, Efa Dewi (2010) Pelaksanaan strategi Pembelajaran pada Mata Pelajaran IPS (Ekonomi) di SMP Negeri 4 Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
05130013.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK

Strategi pembelajaran adalah perencanaan yang tentang rangkaian kegiatan yang didesain untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Strategi pembelajaran merupakan rencana tindakan (rangkaian kegiatan) termasuk penggunaan metode dan pemanfaatan berbagai sumber daya atau kekuatan dalam pembelajaran yang disusun untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan strategi pembelajaran pada mata pelajaran IPS di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 4 Blitar.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian kualitatif adalah tradisi-tradisi tertentu dalam ilmu pengetahuan sosial yang secara fundamental bergantung pada pengamatan pada manusia dalam kawasannya sendiri dan berhubungan dengan orang-orang tersebut dalam bahasannya dan dalam peristilahannya. Jenis deskriptif yaitu mengumpulkan data sebanyak-banyaknya mengenai faktor-faktor yang mendukung kemudian menganalisis untuk dicari peranannya terhadap apa yang telah diteliti.

Hasil penelitian yang didapat yaitu pelaksanaan strategi pembelajaran terbukti mampu membuat siswa benar-benar belajar secara nyata, mereka tidak hanya dibekali materi saja, tetapi juga praktek dan keterampilan. Salah satu strategi yang dilaksanakan yaitu strategi pembelajaran kontekstual, pembelajaran kontekstual membuat anak tidak mudah bosan dan selalu mengingat materi pelajaran yang diberikan, karena pembelajarannya tidak hanya membekali siswa secara materi tetapi juga keterampilan karena melibatkan langsung siswa dalam proses pembelajaran. Fasilitas yang digunakan sudah cukup mendukung, walaupun masih belum mencukupi untuk seluruh kelas dan jumlah siswa, itu bisa disiasati dengan pengaturan waktu supaya bisa bergantian penggunaan fasilitas dengan kelas lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Masruri, M. Hadi
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDMasruri, M. HadiUNSPECIFIED
Keywords: Strategi Pembelajaran; Mata Pelajaran IPS
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Moch. Nanda Indra Lexmana
Date Deposited: 08 Feb 2023 14:30
Last Modified: 08 Feb 2023 14:30
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46312

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item