Anwar, Muhammad Samsul (2009) Upaya meningkatkan Prestasi belajar siswa dalam pembelajaran Aqidah Akhlak melalui penggunaan Media gambar dan Metode Resitasi pada Siswa Kelas V di MI Ar-Rahmah Jabung Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07140064.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Salah satu cara agar tujuan pembelajaran tercapai adalah penggunaan metode yang tepat, dan juga penggunaan media di dalam setiap pembelajaran, sehingga dapat memberikan pengaruh positif terhadap proses kegiatan belajar mengajar. Selama ini banyak para pendidik yang masih menerapkan metode yang sifatnya monoton seperti ceramah, dan hal tersebut kurang efektif dalam mengaktifkan siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. Hal yang lebih penting lagi adalah siswa kurang bergairah dan merasa tertekan terhadap pembelajaran guru yang selalu menerapkan metode tersebut, sehinnga imbasnya adalah kepada nilai prestasi atau hasil belajar yang rendah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah proses pembelajaran Aqidah Akhlak melalui penggunaan media gambar metode Resitasi dalam pembelajaran Aqidah Akhlak dapat melibatkan siswa secara aktif, dan dapat meningkatkan kerja siswa sehingga dengan penerapan penggunaan media gambar dan metode resitasi ini diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran Aqidah Akhlak dikelas V MI Ar-Rahmah Jabung.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas untuk memperbaiki atau meningkatkan kegiatan pembelajaran dalam mengatasi kesulitan siswa dalam pembelajaran, subyek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Ar-Rahmah Jabung Malang yang berjumlah 37 orang siswa. Tehnik pengumpulan data pada penelitian ini penulis menggunakan metode observasi, interview, dokumentasi, data tentang kegiatan pembelajan yang diambil dengan menggunakan lembar pengamatan serta data hasil belajar yang diambil dengan memberikan pre tes dan tes hasil setelah pembelajaran dianalisis secara deskriptif dengan mencatat nilai hasil belajar siswa, sehingga dapat diketahui presentase keberhasilan belajar siswa.
Hasil Penelitian menunjukkan menunjukkan bahwa Penggunaan media gambar dan metode resitasi memberikan banyak kontribusi diantaranya mudahnya siswa memahami materi melalui media dan penugasan dengan kelompok diskusi, siswa semakin aktif dalam kegiatan pembelajaran, siswa terlatih bekerjasama dalam kelompok serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran materi Aqidah Akhlak. Hal ini dapat dibuktikan dari proses belajar siswa kelas V, maka dapat diperoleh hasil pre tes peningkatan prestasi belajar yang pada awalnya rata-rata 52,57 dan pada siklus I sebesar 72,64 atau terjadi peningkatan 38,18 %. Pada siklus II hasil observasi menunjukkan peningkatan sebesar 82,65 atau 57,21 %.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ghony, M. Djunaidi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Media Gambar; Metode Resitasi; Prestasi Belajar; Aqidah Akhlak | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Meirisa Anggraeni | ||||||
Date Deposited: | 08 Feb 2023 14:30 | ||||||
Last Modified: | 08 Feb 2023 14:30 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46311 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |