Arofatillah, Ila Nur (2010) Strategi Wirausaha dalam meningkatkan volume penjualan: Studi kasus pengrajin bordir Dahlia Collection di Desa Sukoanyar Plalar Pakis Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
05130006.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Untuk menciptakan daya saing dan pertahanan dalam suatu perusahaan dalam menghadapi era globalisasi, perusahaan perlu mempertimbangkan strategi wirausaha dengan menciptakan suatu strategi bisnis yang tidak hanya di sesuaikan dengan kondisi perusahaan, namun juga harus di padukan dengan pengalaman serta nilai-nilai strategi yang telah di terapkan oleh pesaing. Dengan demikian strategi lebih mengarah pada penentuan bagaimana perusahaan akan bersaing dalam bisnis tertentu dan mampu menetapkan diri di antara para pesaing perusahaan untuk memperoleh keunggulan kompetitif terhadap pesaing, serta untuk mengetahui bagaimana volume penjualan yang telah dilakukan selama dalam melakukan strateginya tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini diadakan dengan tujuan untuk mengetahui strategi wirausaha, teknik penjualan dan volume penjualan pada pengrajin bordir ”Dahlia Collection” di Desa Sukoanyar Plalar Kecamatan Pakis Kabupaten Malang.
Dalam penelitian ini maka yang menjadi fokus penelitian adalah bagaimana strategi wirausaha, teknik penjualan yang digunakan dan hasil volume penjualan yang ada dalam industri pengrajin bordir ”Dahlia Collection” di Desa Sukoayar Plalar Pakis Malang.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan studi kasus, yaitu penelitian yang dilakukan secara intensif, terinci dan mendalam terhadap suatu organisasi, tepatnya perusahaan pengrajin bordir ”Dahlia Collection” yang berada di desa Sukoanyar Plalar Pakis Malang. Dengan pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan interview.
Berdasarkan hasil penelitian dengan melalui tahap pengumpulan data dan temuan dalam skripsi ini dapat disimpulkan sebagai berikut: strategi wirausaha dengan menggunakan 2 aspek strategi yaitu aspek sumber daya manusia meliputi kebijakan rekrutment, hubungan ketenaga kerjaan, jaminan sosial dan pengembangan karyawan. Dalam aspek pemasaran ini terbagi melalui aspek pemasaran yang terdiri dari 4P (Product, Price, Place, dan Promotion). Teknik penjualan yang dilakukan dengan 3 teknik: 1. teknik penjualan secara langsung (personal selling), 2. teknik penjualan tidak langsung (trade selling), dan 3. teknik pemotongan harga. Dan hasil volume penjualannuya mengalami naik turun sesuai dengan permintaan pelanggan yang banyak permintaan pada bulan-bulan tertentu karena di pengaruhi oleh musim.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yunus, Muh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Strategi Wirausaha; Teknik Penjualan dan Volume Penjualan | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 08 Feb 2023 14:30 | ||||||
Last Modified: | 08 Feb 2023 14:30 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46310 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |