Hasanah, Siti Muawanatul (2007) Aktualisasi Nilai-Nilai Islam dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Surya Buana Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Full text)
03110188.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Problematika pendidikan yang dirasakan dalam pendidikan agama Islam selama ini adalah adanya kesenjangan antara pendidikan agama dengan prilaku peserta didik yang menyimpang dengan nilai-nilai agama yang pernah di ajarkan disekolah. Problem tersebut muncul diakibatkan oleh budaya orientasi pembelajaran yang kurang tepat. Sehingga siswa hanya bisa mendapat konstribusi berupa pengayaan materi pelajaran saja, tanpa memahami dan mengetahui serta melaksanakan secara langsung essensi yang ada dalam materi tersebut. Dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam, aktualisasi nilai-nilai Islam dalam keseharian kegiatan belajar mengajar menjadi hal yang sangat urgen. Karena dengan penanaman itulah sebenarnya akan mengefektifkan pembelajaran dan akan mengetahui arah tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan bersama. Oleh karena itu salah satu cara untuk mewujudkan tujuan dari pembelajaran agar selain siswa memahami materi pelajaran, siswa langsung bisa mengaktualisasikan nilai yang ada dalam materi pelajaran tersebut. Melihat wacana yang ada maka peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian tentang “Aktualisasi Nilai-Nilai Islam Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Tsanawiyah Surya Buana Malang”
Adapun Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah pemahaman guru pendidikan agama Islam terhadap nilai-nilai Islam dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Surya Buana?. (2) Bagaimanakah aktualisasi nilai-nilai Islam dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Surya Buana?. (3) Bagaimanakah faktor pendukung dan faktor penghambat dalam aktualisasi nilai-nilai Islam di Madrasah Tsanawiyah Surya Buana?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualiatif dan teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah dokumentasi, observasi, dan interview. Data yang diperoleh di analisis dan dalam proses analisis terbagi atas tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi (menarik kesimpulan).
Berdasarkan dengan data yang peneliti peroleh, maka peneliti dapat menyimpulkan sebagai berikut: (1) (a) Bahwa Nilai-nilai Islam merupakan sebuah essensi baik berupa sikap, prilaku, dan pribadi yang bersumber dari Al-Qur’an dan Hadist yang di aktualisasikan dalam pembelajaran (b) Nilai-nilai Islam dalam pembelajaran pendidikan agama Islam termanifestasikan dalam bentuk kejujuran, kedisiplinan, dan tanggung jawab yang di miliki oleh guru maupun siswa itu sendiri, serta aplikasi secara langsung dari materi yang disampaikan yang kemudian di bawa dalam prilaku sehari-hari.(2) Aktualisasi nilai-nilai Islam dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Surya Buana dapat terlaksana dengan baik dan efektif. Hal itu ditunjukkan bahwa adanya kerjasama yang baik dan saling mendukung antara guru dengan siswa, siswa dengan siswa terhadap aktualisasi nilai-nilai Islam dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Dan bentuk nilai-nilai Islam yang di aktualisasikan adalah; (Mengaji Al-Qur'an, Performent guru: meliputi berbusana, sikap dan prilaku guru, interaksi secara langsung guru dengan siswa di dalam kelas. Performen siswa meliputi: sikap disiplin, tanggung jawab, serta kejujuran siswa dalam mengikuti pembelajaran, dan terahir adalah Shalat dhukha). (3) Aktualisasi nilai-nilai Islam dalam pembelajaran pendidikan agama Islam sangat di dukung oleh kebijakan Kepala Madrasah Tsanawiyah Surya Buana yang bersifat Arif dan Bijaksana dalam mengemban amanahnya dalam memimpin Madrasah ini. Selain itu beberapa faktor pendukung lainnya adalah: (Pengelolaan Madrasah yang cukup baik, Sarana dan prasarana yang memadai, dan adanya interaksi yang bagus antara madrasah sendiri dengan orang tua siswa). Adapun faktor dan kendala yang di hadapi dalam mengaktualisasikan nilai-nilai Islam tersebut diantaranya adalah: (Latar belakang/backroond) siswa yang berbeda-beda, dan pemahaman sebagian kecil dari siswa yang kurang terhadap aktualisasi nilai-nilai Islam dalam pembelajaran pendidikan agama Islam).
Dengan adanya aktualisasi nilai-nilai Islam dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dapat membentuk kepribadian siswa yang tidak hanya menguasai ilmu pengetahuan umum saja, akan tetapi handal dan terdepan dalam khazanah keislaman. Serta perlu di kembangkan pada penelitian lebih lanjut tentang aktualisasi nilai-nilai Islam dalam dunia pendidikan. Sehingga nilai-nilai Islam tidak hanya dilaksanakan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam saja, akan tetapi dapat diaktualisasikan juga pada materi pembelajaran secara langsung. Dari situlah nantinya dapat membantu tercapainya tujuan pendidikan yang dicita- citakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Marno, Marno | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Aktualisasi nilai-nilai Islam; Pembelajaran pendidikan agama Islam | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri | ||||||
Date Deposited: | 08 Feb 2023 14:36 | ||||||
Last Modified: | 08 Feb 2023 14:36 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46308 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |