Ruwanti, Eny Rida (2009) Penggunaan pendekatan Inquiry melalui Metode Demonstrasi dan Eksperimen dalam meningkatkan Motivasi dan Prestasi belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran IPA di MI Miftahul Ulum Sidorejo Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07140063.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Ilmu Pengetahuan Alam merupakan suatu ilmu teoritis, tetapi teori tersebut didasarkan atas pengamatan. IPA mempunyai ciri khas yaitu objektif, metodik, sistematik dan berlaku umum. Dengan sifat-sifat tersebut, maka orang yang selalu berhubungan dengan ilmu pengetahuan akan terbimbing sedemikian hingga padanya terkembangkan suatu sikap yang disebut sikap ilmiah yang salah satu dari sikap ilmiah tersebut adalah tidak percaya begitu saja pada suatu kesimpulan tanpa adanya bukti-bukti nyata. Namun dalam realitanya di sekolah, siswa selalu diberi pembelajaran dengan strategi konvensional yang dengan strategi tersebut siswa tidak berkembang dalam kegiatan pembelajaran sehingga dapat mengakibatkan prestasi belajar siswa berpengaruh. Menyikapi permasalahan di atas, perlu dikembangkan pendekatan ataupun metode yang tepat dan efektif. Pendekatan inkuiri, metode demonstrasi dan metode eksperimen sebagai salah satu pendekatan dan metode alternatif yang menjadikan pembelajaran lebih efektif dan menyenangkan yang diharapkan mampu meningkatkan motivas dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA.
Beranjak dari permasalahan di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pola atau bentuk penggunaan pendekatan inkuiri melalui metode demonstrasi dan eksperimen untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA di MI Miftahul Ulum Sidorejo Malang? dan (2) Apakah penggunaan pendekatan inkuiri melalui metode demonstrasi dan eksperimen dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA di MI Miftahul Ulum Sidorejo Malang?.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (class-room action research) dengan jenis penelitian mandiri. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang bersifat kualitatif dianalisa dengan analisa deskriptf kualitatif sedangkan data yang bersifat kuantitatf dianalisa dengan analisa deskriptif kuantitatif.
Dari hasil observasi dan data empiris di lapangan menunjukkan bahwa 1) Bentuk penggunaan pendekatan inkuiri melalui metode demonstrasi dan eksperimen yang efektif dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada pelajaran IPA adalah dengan guru memberikan pertanyaan kepada siswa kemudian siswa mencari jawaban atas pertanyaan tersebut dengan cara melakukan demonstrasi dan eksperimen. Eksperimen ini dilakukan tentunya dengan menggunakan alat atau bahan-bahan yang sesuai dengan materi pembelajaran. Kemudian setelah siswa melakukan eksperimen dan sudah menemukan jawaban atas pertanyaan tersebut, siswa diminta untuk mendemonstrasikan hasil eksperimen yang telah dilakukannya di depan kelas. 2) Penggunaan pendekatan inkuiri melalui metode demonstrasi dan eksperimen terbukti dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA di MI Miftahul Ulum Sidorejo Malang. Hal ini dapat dilihat pada lembar observasi motivasi dan prestasi yang menunjukkan bahwa peningkatan motivasi siswa dari pre test sampai siklus terakhir (siklus III) menunjukkan peningkatan sebesar 100% dari prosentase maksimal 150%, sedangkan pada prestasi dari pre test sampai siklus III menunjukkan peningkatan dari rata-rata 55 menjadi 78,5 yang berarti meningkat sebesar 42,72%.
Adapun saran penelitian sebagai berikut: (1)Hendaknya para guru lebih mengetahui dan memahami tentang strategi, pendekatan dan metode apa yang harus diterapkan untuk mencapai kompetensi dasar yang ditargetkan. Dengan demikian pemahaman tentang berbagai strategi pembelajaran hendaknya lebih ditingkatkan. Meskipun sesungguhnya strategi pembelajaran dapat diciptakan oleh diri kita sendiri, dan (2)Profesionalitas dari seorang guru dalam mengajar dan mendidik menjadi faktor pendukung keberhasilan siswa. Maka hendaklah guru menguasai pelajaran tersebut dengan segala teknik mengajar sehingga ketika mengalami kendala mampu mencari jalan keluar sebagai alternatif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Marno, Marno | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pendekatan inkuiri; metode demonstrasi; metode eksperimen; motivasi belajar; prestasi belajar; IPA | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Meirisa Anggraeni | ||||||
Date Deposited: | 08 Feb 2023 14:36 | ||||||
Last Modified: | 08 Feb 2023 14:36 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46306 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |