Wardany, Aien (2010) Pengaruh Pendidikan Keluarga terhadap prestasi belajar siswa pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMPN I Pangarengan Sampang Madura. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
05120033.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Proses pendidikan selalu bergerak secara dinamis dan berkembang dari masa kemasa yang sesuai dengan perkembangan yang terjadi di lingkungan pada umumnya, salah satu ciri perkembangan adalah dengan adanya perubahan dalam berbagai komponen sistem pendidikan seperti kurikulum, strategi belajar mengajar, alat bantu belajar, sumber bahan ajar dan sebagainya.
Pendidikan adalah tanggung jawab bersama antara keluarga, masyarakat dan pemerintah. Sekolah hanyalah pembantu kelanjutan pendidikan dalam keluarga, sebab pendidikan yang pertama dan utama diperoleh anak adalah dalam keluarga. Pendidikan keluarga merupakan bagian dari sistem pendidikan secara keseluruhan.Keluarga memiliki pengaruh yang sangat kuat terhadap perkembangan kepribadian anak, karena sebagian besar kehidupan anak berada di tengah-tengah keluarganya. Untuk mengoptimalkan kemampuan dan kepribadian anak, orang tua harus menumbuhkan suasana edukatif di lingkungan keluarganya sedini mungkin. Suasana edukatif yang dimaksud adalah orang tua yang mampu menciptakan pola hidup dan tata pergaulan dalam keluarga dengan baik sejak anak dalam kandungan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya Pengaruh Pendidikan Keluarga Dalam Meningkatan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMPN I Pangarengan.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei yaitu penelitian yang menganalisa data dengan menggunakan angka-angka, rumus dan model matematis. Dalam penelitian ini intrumen yang digunakan adalah angket untuk mengungkap lingkungan keluarga dan sekolah yang dipersepsikan siswa.
Hasil penelitian didapat bahwa ada pengaruh variabel lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa ditunjukkan dengan nilai t hitung= 21,511> t tabel=1,67. Pengaruh variabel lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar ditunjukkan dengan nilai F hitung=462,762>F tabel=4,00
Kesimpulannya bahwa ada pengaruh positif yang signifikan tentang pendidikan keluarga terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMPN I Pangarengan Sampang Madura.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mansur, Muhammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pengaruh Pendidikan Keluarga; Prestasi Belajar | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 08 Feb 2023 14:36 | ||||||
Last Modified: | 08 Feb 2023 14:36 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46305 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |