Responsive Banner

Pengaruh Pendidikan Keluarga terhadap prestasi belajar siswa pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMPN I Pangarengan Sampang Madura

Wardany, Aien (2010) Pengaruh Pendidikan Keluarga terhadap prestasi belajar siswa pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMPN I Pangarengan Sampang Madura. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
05120033.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK

Proses pendidikan selalu bergerak secara dinamis dan berkembang dari masa kemasa yang sesuai dengan perkembangan yang terjadi di lingkungan pada umumnya, salah satu ciri perkembangan adalah dengan adanya perubahan dalam berbagai komponen sistem pendidikan seperti kurikulum, strategi belajar mengajar, alat bantu belajar, sumber bahan ajar dan sebagainya.

Pendidikan adalah tanggung jawab bersama antara keluarga, masyarakat dan pemerintah. Sekolah hanyalah pembantu kelanjutan pendidikan dalam keluarga, sebab pendidikan yang pertama dan utama diperoleh anak adalah dalam keluarga. Pendidikan keluarga merupakan bagian dari sistem pendidikan secara keseluruhan.Keluarga memiliki pengaruh yang sangat kuat terhadap perkembangan kepribadian anak, karena sebagian besar kehidupan anak berada di tengah-tengah keluarganya. Untuk mengoptimalkan kemampuan dan kepribadian anak, orang tua harus menumbuhkan suasana edukatif di lingkungan keluarganya sedini mungkin. Suasana edukatif yang dimaksud adalah orang tua yang mampu menciptakan pola hidup dan tata pergaulan dalam keluarga dengan baik sejak anak dalam kandungan.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya Pengaruh Pendidikan Keluarga Dalam Meningkatan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMPN I Pangarengan.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei yaitu penelitian yang menganalisa data dengan menggunakan angka-angka, rumus dan model matematis. Dalam penelitian ini intrumen yang digunakan adalah angket untuk mengungkap lingkungan keluarga dan sekolah yang dipersepsikan siswa.

Hasil penelitian didapat bahwa ada pengaruh variabel lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa ditunjukkan dengan nilai t hitung= 21,511> t tabel=1,67. Pengaruh variabel lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar ditunjukkan dengan nilai F hitung=462,762>F tabel=4,00

Kesimpulannya bahwa ada pengaruh positif yang signifikan tentang pendidikan keluarga terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMPN I Pangarengan Sampang Madura.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Mansur, Muhammad
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDMansur, MuhammadUNSPECIFIED
Keywords: Pengaruh Pendidikan Keluarga; Prestasi Belajar
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Moch. Nanda Indra Lexmana
Date Deposited: 08 Feb 2023 14:36
Last Modified: 08 Feb 2023 14:36
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46305

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item