Musta'in, Musta'in (2010) Upaya Guru IPS dalam mengatasi kesulitan belajar pada siswa SMP Islam As-Shodiq di Kuwolu Bululawang Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
03160009.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (782kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan adalah kunci utama terbentuknya SDM yang kompeten dalam membangun bangsa. melalui pendidikan diharapkan tercipta manusia yang mampu menempatkan diri dalam masyarakat yang dapat bergerak secara luas serta tidak terbawa arus globalisasi, bahkan seharusnya mampu memegang kendali dalam bermasyarakat untuk menghadapi segala macam bentuk lingkungan yang ada. Sebagaimana diketahui bahwasannya manusia Indonesia yang kita cita- citakan adalah manusia yang kreatif dan produktif, dengan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi bagi peningkatan tarafnya.
Mata pelajaran IPS bertujuan mengembangkan potensi peserta didik agar peka terhadap perbaikan segala ketimpangan yang terjadi dan terampil mengatasi setiap masalah yang terjadi sehari-hari baik yang menimpa dirinya maupun kehidupan masyarakat. Dalam mencapai hal–hal yang telah dijelaskan di atas tentu ada permasalahan yang kita hadapi dari berbagai aspek dan pihak. Permasalahan yang terjadi di dunia pendidikan datang dari pihak sekolah, guru, serta siswa. Permasalahan dari lingkungan sekolah maupun lingkungan keluarga baik guru atau siswa. Untuk mencapai keberhasilan dalam proses belajar mengajar kita perlu memperhatikan kesulitan atau masalah yang dihadapi siswa dalam menerima pelajaran yang disampaikan oleh guru khususnya pelajaran IPS. Bagaimana mengatasi kesulitan tersebut serta mengetahui faktor penghambat dan pendukung siswa dalam menerima pelajaran IPS di SMP Islam As-Shodiq.
Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah suatu pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif adalah suatu pendekatan penelitian yang menghasilkan data deskriptif yang berupa kata-kata, tulisan atau lisan dari orang dan perilaku yang dapat diamati dengan menggunakan pendekatan yang mengarahkan pada latar belakang individu secara utuh. penelitian dimulai observasi, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam dan analisis dokumen. Berdasarkan hal tersebut maka dapat ditentukan bahwa penelitian ini adalah penelitian yang berusaha untuk menghasilkan data-data dan bukan angka.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Siswa mengalami kesulitan dalam memahami dan menghafal materi-materi karena padanya perampingan jam pelajaran IPS sehingga waktunya yang dirasa kurang lama. Kurangnya waktu dalam mengerjakan materi hitung-menghitung yang ada pada pelajaran ekonomi. Upaya guru IPS guna memudahkan siswa untuk memahami dan menerima materi IPS dengan baik maka guru memberikan pembelajaran dengan model team teaching. Penggunaan model integrasi pembelajaran berdasarkan topik. Memberikan jam tambahan pelajaran IPS baik masih dalam jam pelajaran sekolah maupun diluar jam pelajaran sekolah. Faktor penghambat dalam proses pembelajaran adalah kurang lengkapnya bahan ajar yang yang mencakup empat bidang studi yakni Sosiologi/Antroplogi, Geografi, Sejarah, dan Ekonomi. Serta faktor pendukungnya adalah buku-buku yang berhubungan dengan materi-materi pelajaran IPS perpustakaan yang cukup lengkap.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yunus, Muh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Guru IPS; Kesulitan Belajar; SMP Islam As-Shodiq | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 08 Feb 2023 14:36 | ||||||
Last Modified: | 08 Feb 2023 14:36 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46301 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |