Kholidah, kholidah (2023) Pengaruh konformitas teman sebaya dan jenis kelamin terhadap kedisiplinan Siswa SMP Islam Asy Safiiyyah Pakisaji. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
18410188.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Kedisiplinan dalam lingkungan sekolah merupakan suatu peraturan yang ditetapkan oleh sekolah untuk dijalankan dan dipatuhi oleh seluruh siswa dan warga sekolah. Salah satu faktor yang mempengaruhi kedisiplinan adalah konformitas teman sebaya. Konformitas teman sebaya adalah suatu perilaku yang ingin senada dengan kelompok yang muncul disebabkan oleh ingin diakui dan diterima oleh anggota kelompok tanpa berpikir perilaku itu baik atau buruk. Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena menurunya tingkat kedisiplinan siswa SMP Islam Asy-Syafi’iyyah tahun 2022/2023 yang berstatus tinggal di pondok pesantren yang kesehariannya tinggal berdekatan dengan kelompok teman sebaya, dimana mereka lebih senang melakukan hal-hal secara bersama-sama.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konformitas teman sebaya dan jenis kelamin terhadap kedisiplinan siswa SMP Islam Asy-Syafi’iyyah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah sampel 66 siswa yang terdiri dari 33 siswa laki-laki dan 33 siswa perempuan. Pengambilan data menggunakan teknik probality sampling dan model purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan dua skala , skala kedisiplinan dan skala konformitas teman sebaya dengan analisis menggunakan bantuan aplikasi SPSS versi 25 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan tidak ada pengaruh konformitas teman sebaya dan jenis kelamin terhadap kedisiplinan siswa baik secara parsial maupun simultan. Hal ini dilihat dari nilai sig. 0.691 (p> 0.05) konformitas teman sebaya dan berada kategori sangat rendah (0,2%) dan nilai sig. 0.84 (p>0.05) dan berada kategori rendah (4,6%) pada variabel jenis kelamin. secara bersama-sama diperoleh nilai sig. 0.204 (p>0.05).
ENGLISH:
Discipline in the school environment is a rule set by the school to be carried out and obeyed by all students and school members. One of the factors that influence discipline is peer conformity. Peer conformity is a behavior that wants to be in line with the group that arises due to wanting to be recognized and accepted by group members without thinking that behavior is good or bad. The background of this research is the phenomenon of the decreasing level of discipline of Asy-Syafi'iyyah Islamic Middle School students in 2022/2023 whose status lives in Islamic boarding schools who live close to peer groups every day, where they prefer to do things together.
This study aims to determine the effect of peer conformity and gender on the discipline of Asy-Syafi'iyyah Islamic Middle School students. This study used a quantitative method with a sample of 66 students consisting of 33 male students and 33 female students. Retrieval of data using probability sampling techniques and purposive sampling models. Data collection used two scales, the discipline scale and peer conformity scale with analysis using the help of the SPSS version 25 for windows application.
The results showed that there was no effect of peer conformity and gender on student discipline either partially or simultaneously. This can be seen from the sig. 0.691 (p> 0.05) peer conformity and very low category (0.2%) and sig. 0.84 (p>0.05) and in the low category (4.6%) in the gender variable. together obtained the value of sig. 0.204 (p>0.05).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hidayah, Rifa | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | konformitas teman sebaya; kedisiplinan; peer conformity; discipline | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi | ||||||
Depositing User: | Kholidah Kholidah | ||||||
Date Deposited: | 08 Feb 2023 11:49 | ||||||
Last Modified: | 08 Feb 2023 11:49 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46299 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |