Ibad, Taqwa Nur (2009) Implementasi kurikulum muatan lokal pada mata pelajaran Bahasa Inggris dalam meningkatkan mutu pendidikan: Studi kasus di Madrasah Ibtidaiyah Jenderal Sudirman (MIJS) Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07140060.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (774kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Sekolah sebagai tempat berlangsungnya proses pendidikan merupakan bagian dari masyarakat. Oleh karena itu, program pendidikan di sekolah perlu memberikan wawasan yang luas pada peserta didik tetntang karakteristik dan kekhususan yang ada di lingkungannya
Implementasi Kurikulum muatan lokal adalah suatu konsep yang menekankan pada isi dan media penyampaiannya dikaitkan dengan lingkungan alam, lingkungan sosial, serta lingkungan budaya dan kebutuhan daerah, sedangkan anak didik di daerah wajib mempelajarinya. sehingga hasilnya dapat dirasakan oleh siswa, yang berupa penguasaan terhadap seperangkat kompetensi tertentu. Oleh karena itu peneliti sekaligus penulis berusaha mengungkap Implementasi kurikulum muatan lokal terutama pada mata pelajaran Bhs Inggris. fokus dari penelitian ini adalah (1) bagaimana Implementasi kurikulum muatan lokal pada mata pelajaran Bhs Inggris di MIJS Malang, (2) bagaimana Upaya Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Bhs Inggris di MI Jenderal Sudirman Malang
Pelaksanaan penelitian tentang Implementasi kurikulum muatan lokal ini menggunakan paradigma devinisi sosial dengan pendekatan kualitatif, karena manusia adalah aktor yang kreatif dari realitas sosialnya untuk mengetahui Implementasi kurikulum muatan lokal pada mata pelajaran Bhs Inggris. Adapun rancangan penelitiannya menggunakan pendekatan studi kasus, dan analisis datanya menggunakan teknik deskriptif kualitataif. Sedangkan informan kunci adalah Kepala sekolah, waka kurikulum dan guru Pendidikan Bhs Inggris. Mengenai instrumen dalam penelitian ini adalah penulis sendiri, karena penulis adalah merupakan perencana, pelaksana pengumpulan data, analisis, penafsir data dan pada akhirnya penulis juga yang menjadi pelapor hasil penelitian.
Dari rancangan penelitian sebagaimana dijelaskan, peneliti memperoleh hasil data yaitu (1) Implementasi kurikulum muatan lokal pada mata pelajaran Bhs Inggris, untuk mewujudkannya ada tiga tahapan yang harus dilalui diantaranya Pertama, melakukan Persiapan/Perencanaan yang Disesuaikan dengan karakteristik peserta didik, kondisi sekolah, kesiapan guru yang akan mengajar, menentukan guru mata pelajaran Bhs Inggris, dan sumber dana. Kedua, melakukan pelaksanaan dalam pembelajaran yang dilakukan oleh guru Bhs Inggris, serta mempersiapkan penilaian yang disesuaikan dengan ketuntasan minimal. Ketiga tindak lanjut yang dilakukan oleh guru setelah proses pembelajaran dengan melakukan remidi kepada siswa yang belum mencapai standar nilai yang telah ditentukan oleh MIJS Malang. (2) Upaya Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Bhs Inggris di MI Jenderal Sudirman Malang bahwasannya yang paling penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Bhs Inggris yang menjadi kebijakan kepala sekolah adalah mengedepankan metodologi pembelajaran dalam penerapannya meliputi Super Memory System, Mind Mapping, Brain Gym, dan Ice Breaker.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ulum, Mohammad Samsul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Implementasi; Kurikulum Muatan Lokal; Bahasa Inggris; Mutu Pendidikan. | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Meirisa Anggraeni | ||||||
Date Deposited: | 08 Feb 2023 08:08 | ||||||
Last Modified: | 16 May 2023 14:22 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46295 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |