Responsive Banner

Penerapan Strategi pembelajaran Kooperatif Model Think–Pair–Share dalam meningkatkan Motivasi belajar Matematika pada Siswa Kelas IV MI Islamiyah Banjarpoh Pulorejo Ngoro Jombang

Prastuti, Ida Fitria (2009) Penerapan Strategi pembelajaran Kooperatif Model Think–Pair–Share dalam meningkatkan Motivasi belajar Matematika pada Siswa Kelas IV MI Islamiyah Banjarpoh Pulorejo Ngoro Jombang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
07140058.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK

Memperhatikan banyaknya masalah dalam pendidikan matematika di Indonesia, salah satunya adalah selama ini matematika seringnya dipresepsikan oleh siswa sebagai pelajaran yang sulit dipahami penerapannya baik teori maupun konsep-konsepnya, maka sebaiknya penyelenggaraan pembelajaran matematika mampu mengembangkan kreativitas dan kompetensi siswa, dengan menyajikan pembelajaran yang efektif dan efisien. Tujuan pembelajaran matematika akan tercapai jika di dukung dengan iklim pembelajaran yang kondusif, guru mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap keberhasilan dan kegairahan belajar siswa, dimana kualitas dan keberhasilan pembelajaran sangat dipengaruhi oleh kemampuan dan ketepatan guru dalam menggunakan metode pembelajaran. Dalam pembelajaran matematika semakin aktif siswa dalam pembelajaran, maka semakin berhasil kegiatan pembelajaran tersebut. Untuk itu peneliti menerapkan strategi kooperatif model think-pair-share dalam meningkatkan motivasi belajar matematika. Strategi ini sebagai salah satu solusi untuk menjadikan pembelajaran lebih efektif dan menyenangkan terutama pada pelajaran matematika.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses perencanaan, proses pelaksanaan dan proses pengevaluasian penerapan strategi pembelajaran kooperatif model think-pair-share dalam meningkatkan motivasi belajar matematika pada siswa kelas IV MI Islamiyah Banjarpoh Pulorejo Ngoro Jombang.

Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, metode dokumentasi, angket, metode wawancara. Sumber data dari penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Islamiyah Banjarpoh Pulorejo Ngoro Jombang. Analisis data dilakukan secara kualitatif karena pendekatan yang digunakan adalah penelitian kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi kooperatif model think-pair-share dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas IV MI Islamiyah Banjarpoh Pulorejo Ngoro Jombang, hal ini terbukti dengan adanya perubahan yang signifikan pada tingkat antusiasme siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika, indikator yang dicapai adalah siswa tampak bersemangat dalam mengerjakan tugas, tampak gembira dan senang selama mengikuti pembelajaran. Dan strategi ini dapat mempererat hubungan kerjasama antar siswa, saling menghargai pendapat anggota kelompok.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Wahidmurni, Wahidmurni
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDWahidmurni, WahidmurniUNSPECIFIED
Keywords: Cooperative Learning; Think-Pair-Share; Motivasi Belajar; Matematika
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Meirisa Anggraeni
Date Deposited: 08 Feb 2023 08:08
Last Modified: 08 Feb 2023 08:08
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46294

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item