Wahyuningtyas, Anita (2009) Penggunaan Media Visual dalam meningkatkan Prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah Sidayu di Gresik. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07140057.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi membawa perubahan yang signifikan terhadap berbagai dimensi kehidupan manusia, perubahan itu berdampak pada kemajuan bidang ekonomi, budaya, social maupun bidang pendidikan. Dalam proses pembelajaran yang baik, dibutuhkan media penunjang yang maksimal. Karena dengan adanya media pembelajaran akan lebih memudahkan para pengajar untuk memberikan pengertian dan pemahaman yang baik kepada para peserta didik. Hasil belajar juga pasti akan berbeda antara adanya bantuan dari media dan sumber belajar dengan tanpa adanya bantuan apapun. Dengan adanya penggunaan media pembelajaran secara maksimal, maka diharapkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dapat meningkat secara maksimal.
Berdasarkan dari latar belakang masalah di atas, maka dalam penelitian ini yang menjadi titik focus penelitian adalah: pertama, bagaimana penggunaan media visual dalam meningkatkan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah Sidayu Gresik.Kedua, apa kendala yang dihadapi dalam penggunaan media visual tersebut. Ketiga, apa solusi yang ditawarkan dalam memecahkan permasalahan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan media visual dalam meningkatkan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah Sidayu Gresik, mengetahui kendala yang dihadapi sekaligus upaya yang dilakukan untuk memecahkan permasalahan yang terjadi. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode observasi, wawancara, serta dokumentasi. Teknik analisa yang digunakan adalah mereduksi, menafsirkan, dan verifikasi.
Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah intensitas penggunaan media visual disesuaikan dengan tiga hal. Pertama, jenis dan karakteristik dari masing-masing materi yang disampaikan. Kedua, persiapan peserta didik untuk menerima materi dengan menggunakan media. Ketiga, kemampuan guru dalam menguasai masing-masing jenis media. Dengan penggunaan media visual pada proses belajar mengajar IPS, prestasi belajar siswa kelas IV dapat ditingkatkan. Kendala yang dihadapi adalah masih banyaknya jam yang diemban oleh guru IPS sehingga penggunaan media masih kurang maksimal. Selain itu, terdapat juga kendala dari siswa yang masih merasa kurang termotivasi untuk selalu belajar. Sedangkan bagi guru, solusi yang ditempuh yakni memotivasi diri untuk meningkatkan profesi yang diembannya, mengikuti berbagai kegiatan yang dapat menunjang peningkatan SDM, serta bertukar pikiran dan pengalaman dengan guru lain untuk memperoleh wawasan dan cakrawala baru terkait dengan perkembangan dunia pendidikan dan pengajaran. Bagi pimpinan sekolah, selain mengikutsertakan guru pada pelatihan-pelatihan, upaya lain yang dilakukan adalah memberikan arahan kepada orang tua murid untuk senantiasa memotivasi anak mereka untuk selalu belajar dan bersaing berebut prestasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Susilawati, Samsul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Media Visual; Prestasi Belajar; Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Meirisa Anggraeni | ||||||
Date Deposited: | 08 Feb 2023 08:08 | ||||||
Last Modified: | 08 Feb 2023 08:08 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46293 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |