Melandhika, Risda Ayu (2009) Penggunaan pendekatan CTL dengan metode Inquiry untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas IV MI Roudlatul Muta’allimin Sawahan Turen Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07140053.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (11MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Ilmu Pengetahuan Alam merupakan suatu ilmu teoritis, tetapi teori tersebut didasarkan atas pengamatan. IPA mempunyai ciri khas yaitu objektif, metodik, sistematik dan berlaku umum. Dengan sifat tersebut terkembangkan suatu sikap yang disebut sikap ilmiah yang salah satu dari sikap ilmiah tersebut adalah tidak percaya begitu saja pada suatu kesimpulan tanpa adanya bukti-bukti nyata. Namun dalam realitanya di sekolah, siswa selalu diberi pembelajaran dengan strategi konvensional yang menyebabkan siswa tidak berkembang dalam kegiatan pembelajaran sehingga dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa. Menyikapi permasalahan di atas, perlu dikembangkan pendekatan ataupun metode yang tepat dan efektif. Pendekatan CTL dengan metode inquiry sebagai salah satu pendekatan dan metode alternatif yang menjadikan pembelajaran lebih efektif dan menyenangkan yang diharapkan mampu meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA.
Beranjak dari permasalahan di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana implementasi pendekatan CTL (Contextual Teaching Learning) dengan metode inquiry untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV MI Roudlatul Muta’allimin Sawahan Turen. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi pendekatan CTL (Contextual Teaching Learning) dengan metode inquiry untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV MI Roudlatul Muta’allimin Sawahan Turen.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (class-room action research) dengan jenis penelitian mandiri. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang bersifat kualitatif dianalisa dengan analisa deskriptf kualitatif sedangkan data yang bersifat kuantitatf dianalisa dengan analisa deskriptif kuantitatif.
Dari hasil observasi dan data empiris di lapangan menunjukkan bahwa, bentuk penggunaan pendekatan CTL melalui metode inquiry yang efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran IPA adalah dengan guru memberikan pertanyaan kepada siswa kemudian siswa mencari jawaban atas pertanyaan tersebut dengan cara melakukan praktek atau percobaan. Penggunaan pendekatan CTL melalui metode inquiry terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA di MI Roudlatul Muta’allimin Sawahan Turen Malang. Hal ini dapat dilihat pada lembar observasi motivasi yang menunjukkan bahwa peningkatan motivasi siswa dari pre test sampai siklus terakhir (siklus II) menunjukkan peningkatan sebesar 113,3% dari prosentase maksimal 166,6%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Walid, Muhammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pendekatan CTL; Metode Inquiry; Motivasi Belajar; IPA | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Meirisa Anggraeni | ||||||
Date Deposited: | 08 Feb 2023 08:04 | ||||||
Last Modified: | 05 Jun 2023 14:59 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46292 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |