Sulistyowati, Sulistyowati (2012) Pengembangan buku ajar matematika kelas III tentang pengukuran dengan menggunakan pendekatan pembelajaran matematika Realistik di MI Islamiyah Pakis Tumpang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
08140031.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pembelajaran matematika adalah suatu proses yang diselenggarakan oleh guru untuk membelajarkan siswa guna memperoleh ilmu pengetahuan dan keterampilan matematika. Setelah melakukan pembelajaran, setiap siswa diharapkan mampu memahami, mempraktikkan, dan mengaplikasikan materi pelajaran matematika dalam kehidupan sehari-harinya. Hal ini sesuai dengan tujuan akhir atau kompetensi yang hendak dicapai oleh siswa setelah mempelajari materi matematika. Cara yang tepat untuk menyampaikan materi pengukuran (panjang, massa, dan waktu) adalah dengan menggunakan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Pembelajaran Matematika Realistik atau disingkat PMR merupakan salah satu pembelajaran matematika yang berorientasi pada matematisasi pengalaman sehari-hari (mathematize of everyday experience) dan menerapkan matematika dalam kehidupan sehari-hari. PMR lebih ditekankan pada pengalaman sehari-hari atau kehidupan nyata. Oleh karena itu, dalam mengajarkan materi pengukuran (panjang, massa, dan waktu) ini pembelajarannya lebih mudah disampaikan dengan menggunakan PMR.
Kenyataannya, masih banyak siswa yang belum mampu memahami dengan baik, mempraktikkan, dan mengaplikasikan materi pelajaran matematika dalam kehidupan sehari-hari khususnya pada materi Pengukuran (panjang, massa, dan waktu), termasuk siswa di MI Islamiyah Pakis - Tumpang ini. Hal ini disebabkan karena minimnya waktu yang diberikan untuk mempraktikkan langsung materi yang diajarkan. Siswa tidak dapat memahami dengan baik kalau hanya membayangkan saja. Selain itu, buku ajar yang digunakan oleh guru sangat terbatas, apa adanya dalam buku ajar saja tanpa ada pengembangan. Selama ini buku ajar matematika khususnya materi pengukuran (panjang, massa, dan waktu) yang menggunakan pendekatan PMR masih sangat jarang dijumpai.
Berdasarkan paparan di atas, terdapat sebuah masalah yang harus diselesaikan. Cara yang digunakan untuk menyelesaikan masalah tersebut adalah dengan melakukan pengembangan buku ajar matematika tentang Pengukuran (panjang, massa, dan waktu) dengan menggunakan pendekatan PMR. Penelitian ini bertujuan untuk “mengembangkan buku ajar matematika materi pengukuran (panjang, massa, dan waktu) dengan menggunakan Pendekatan PMR yang valid, praktis, dan efisien untuk siswa kelas III MI Islamiyah Pakis - Tumpang”.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development. Model yang digunakan dalam pengembangan buku ajar ini adalah model Suhartono. Subyek penilaian produk untuk kelayakan buku ajar terbatas pada tiga ahli, yakni ahli materi, ahli media, dan ahli pembelajaran serta enam siswa MI Islamiyah. Langkah pokok dari penelitian ini antara lain
yaitu: analisis situasi awal, pengembangan rancangan buku ajar, penulisan buku ajar, dan penilaian buku ajar.
Untuk mengetahui tingkat kepraktisan, kefisiensian, dan kevalidan, peneliti melakukan penilaian produk yang terdiri atas dua tahap, yakni tahap validasi ahli dan uji lapangan. Validasi produk oleh ahli materi mendapat tanggapan yang cukup baik dengan persen kevalidan sebesar 87,5% dengan beberapa hal yang harus direvisi. Validasi oleh ahli media secara umum cukup baik dengan persen kevalidan sebesar 77,5%. Akan tetapi pada analisis tiap butir angket ada 2 nomor yang kurang valid sehingga harus diadakan revisi dan peneliti mengajukan validasi kembali. Pada validasi kedua diperoleh persen kevalidan sebesar 85% dan tidak ada bagian yang perlu direvisi kembali. Validasi oleh ahli pembelajaran (guru kelas III) memperoleh hasil yang baik dengan persen kevalidan sebesar 88,5% dan produk yang dihasilkan sudah bagus menurut ahli pembelajaran. Penilaian produk tahap kedua yakni uji lapangan kelompok kecil yang dilakukan terhadap enam siswa MI Islamiyah. Sebelum mengisi angket, buku ajar hasil pengembangan digunakan sebagai media pembelajaran matematika. Siswa mengerjakan kegiatan-kegiatan yang ada pada buku siswa. Hasil yang diperoleh dari uji coba tersebut sangat baik dengan sebagian siswa mampu mengerjakan tugas dengan hasil yang baik. Hal ini didukung oleh hasil persen kevalidan yang diperoleh dari semua angket siswa yang mencapai 88,75% dengan tidak ada rivisi kembali.
Penelitian pengembangan ini hanya terbatas pada materi pengukuran (panjang, massa, dan waktu), oleh sebab itu perlu adanya pengembangan pada materi lain khususnya matematika kelas III. Disarankan kepada guru MI khususnya guru matematika untuk memakai buku ajar dengan menggunakan Pendekatan PMR ini dalam pembelajaran dalam rangka untuk menerapkan KTSP secara optimal.
ABSTRACT
Learning mathematics is a process organized by teachers for students to obtain teach science and math skills. After doing the learning, each student should be able to understand, practice, and apply the subject matter of mathematics in their daily lives. This is consistent with the ultimate goal or competency to be achieved by the students after studying the matter of mathematics. The right way to deliver content measurements (length, mass, and time) is to use the approach of Realistic Mathematics Education. Realistic Mathematics Education or abbreviated PMR is one of the math-oriented learning experience everyday mathematize (mathematize of everyday experience) and apply mathematics in everyday life. PMR is more emphasis on everyday experiences or real life. Therefore, the teaching material measurements (length, mass, and time) are learning more easily delivered using the PMR.
In fact, there are many students who have not been able to understand well, practice, and apply the subject matter of mathematics in everyday life, especially on material measurements (length, mass, and time), including students at MI Islamiyah Pakis - Tumpang this. This is due to lack of time given to practice what is taught directly. Students can not understand very well if only imagined it. In addition, the textbooks used by teachers is very limited, as it is in the textbook without any development. During this particular math textbook material measurements (length, mass, and time) using PMR approach is still very rare.
Based on the above explanation, there is a problem to be solved. The means used to solve such problems is by doing mathematics textbook development of measurement (length, mass, and time) using PMR approach. This study aims to "develop a mathematical textbook material measurements (length, mass, and time) using PMR approach is valid, practical, and efficient for students in grade III MI Islamiyah Pakis – Tumpang".
The research method used in this study is the method of Research and Development. The model used in the development of this textbook is a model Suhartono. Products subject to feasibility assessment textbook is limited to three experts, namely matter experts, media specialists, linguists, and experts as well as six student learning MI Islamiyah. Main steps of this research were: the initial situation analysis, development of design textbook, textbook writing, and assessment of textbooks.
To determine the level of practicality, efficiency, and validity, researchers conducted assessments of products consisting of two stages, namely stage of expert validation and field testing. Validation of the product by material
experts had a pretty good response with 87.5% percent of validity of the few things that should be revised. Validation by media experts is generally quite good with 77.5% percent of validity. However, the analysis of each item questionnaire there are two numbers that are less valid and should be held and the researchers propose the revision of the validation again. In the second validation is obtained by 85% percent of validity and no parts that need to be revised again. Validation carried out during the exam linguists thesis, the results of the validation of revised instantly. According to linguists, the results of product development is good. Validation by experts of learning (teacher-class III) obtained good results with 88.5% percent of validity and the resulting product is good learning according to experts. The second stage of the product assessment field tests conducted on small groups of six students MI Islamiyah. Before completing the questionnaire, the results of the development of the textbook is used as a medium of learning mathematics. Students work on activities that exist in the student book. The results of these tests very well with most students are able to do the task with good results. This is supported by the validity of the results obtained percent of all questionnaires of students who achieved 88.75% with no revition.
Development research is limited to material measurements (length, mass, and time), and therefore there is need for development in other materials, especially math class III. MI especially recommended to teachers of mathematics teachers to use textbooks by using PMR approach is in learning in order to implement the KTSP is optimal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Abdussakir, Abdussakir | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Buku Ajar; Pendekatan PMR; Textbook; PMR approach | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 08 Feb 2023 08:05 | ||||||
Last Modified: | 08 Feb 2023 08:05 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46288 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |