Choironi, Bintan (2009) Penerapan Ragam Mendongeng dengan menggunakan Media Gambar Diam Seri untuk peningkatan kemampuan berbicara dan berekspresi Siswa Kelas V MI Sunan Kalijaga Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07140052.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Tidak semua orang mampu mengungkapkan fikirannya secara lisan. Bagi sebagian orang, berbicara di depan umum merupakan hal yang sangat sulit. Permasalahan tersebut juga menimpa sebagian besar siswa-siswi kelas 5 MI Sunan Kalijaga Malang. Mata pelajaran Bahasa Indonesia menawarkan banyak ragam metode pembelajaran yang dapat membantu meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Metode mendongeng merupakan salah satu metode yang menjadi alternative untuk mengatasi permasalahan di atas. Pemilihan ragam mendongeng dengan menggunakan media gambar tidak lepas dari fungsi media gambar itu sendiri yang selain dapat membantu mengembangkan imajinasi pendongeng, juga dapat membantu audien untuk lebih mempermudah memahami dongeng.
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan proses pelaksanaan penerapan ragam mendongeng dengan menggunakan media gambar diam seri untuk peningkatan kemampuan berbicara dan berekspresi siswa kelas V MI Sunan Kalijaga Malang, 2) mendeskripsikan proses peningkatan kemampuan berbicara dan berekspresi yang dicapai siswa kelas V MI Sunan Kalijaga Malang setelah diterapkannya ragam mendongeng dengan menggunakan media gambar diam seri. Untuk mencapai tujuan tersebut, digunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang melibatkan data kualitatif dan data kuantitatif.
Penelitian yang penulis lakukan ini adalah penelitian kelas dengan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan beberapa metode, yaitu: metode observasi, metode dokumentasi, dan metode wawancara. Sedangkan untuk menganalisis, peneliti menggunakan analisis deskriptif kualitatif yaitu penggambaran secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Peneliti juga menyertakan tabel sebagai pendukung dan pelengkap uraian data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan ragam mendongeng dengan menggunakan media gambar diam seri dapat meningkatkan kemampuan berbicara dan berekspresi siswa kelas V MI Sunan Kalijaga Malang. Bukti secara kualitatif dapat diketahui dari suasana kelas yang menjadi lebih aktif, tumbuhnya keberanian dan rasa percaya diri siswa, serta tumbuhnya semangat kerjasama dengan kelompoknya. Sebagian besar tanggapan siswa juga menyatakan senang dengan diterapkannya metode tersebut. Sedangkan bukti secara kuantitatif dapat dilihat dari hasil tes belajar siswa yang mengalami peningkatan pada setiap siklusnya hingga mencapai standar kelulusan minimal yang ditetapkan baik secara individual maupun secara klasikal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sulalah, Sulalah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Mendongeng; Media Gambar Diam Seri; Berbicara; Berekspresi | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Meirisa Anggraeni | ||||||
Date Deposited: | 08 Feb 2023 08:05 | ||||||
Last Modified: | 08 Feb 2023 08:05 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46286 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |