Rosyida Q. A, Siti (2009) Penggunaan Metode Poster Comment dalam pembelajaran Bahasa Inggris sebagai upaya peningkatan kemampuan menulis Siswa Kelas IV C SD Insan Amanah di Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07140051.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (909kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Keterampilan menulis merupakan salah satu keterampilan dasar berbahasa yang harus dipelajari dan dikuasai oleh peserta didik. Keterampilan menulis ini sangat erat kaitannya dengan keterampilan lain yang lebih kompleks. Bahkan bagi seorang penutur asli (native speaker), menulis dianggap sebagai keterampilan yang paling sulit.
Selama ini pembelajaran menulis yang berlangsung di sekolah masih berorientasi pada besarnya angka pada ujian saja. Sedangkan proses yang berlangsung selama kegiatan menulis kurang diperhatikan. Sehingga diperlukan metode pembelajaran yang dapat membuat peserta didik belajar, yang tidak hanya berorientasi nilai saja, namun juga tidak mengabaikan proses menulis. Untuk itulah metode poster comment diaplikasikan dalam penelitian ini. Dengan penggunaan metode poster comment, peserta didik dapat meningkatkan kreativitas dalam membuat kalimat. Hal ini karena dalam metode ini dipergunakan gambar yang sesuai dengan usia peserta didik kelas IV.
Penelitian ini berlangsung di SD Insan Amanah Malang dengan obyek penelitian siswa kelas IV C. Secara umum, tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan metode poster comment dalam pembelajaran bahasa Inggris sebagai upaya peningkatan kemampuan menulis siswa kelas IV C SD Insan Amanah di Malang. Sedangkan secara khusus, tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan perencanaan penggunaan metode poster comment dalam pembelajaran bahasa Inggris sebagai upaya peningkatan kemampuan menulis siswa kelas IV C SD Insan Amanah di Malang, (2) Mendeskripsikan pelaksanaan penggunaan metode poster comment dalam pembelajaran bahasa Inggris sebagai upaya peningkatan kemampuan menulis siswa kelas IV C SD Insan Amanah di Malang, (3) Mendeskripsikan evaluasi penggunaan metode poster comment dalam pembelajaran bahasa Inggris sebagai upaya peningkatan kemampuan menulis siswa kelas IV C SD Insan Amanah di Malang.
Pendekatan yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini lebih memfokuskan pada penggunaan metode poster comment untuk meningkatkan kemampuan menulis peserta didik. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus dengan empat tahapan; perencanaan, implementasi, pengamatan dan refleksi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) proses perencanaan pembelajaran dengan menggunakan metode poster comment meliputi: konsultasi; analisis SK, KD dan materi; pembuatan RPP, dan perencanaan evaluasi. (2) pelaksanaan metode poster comment dalam pembelajaran bahasa Inggris berlangsung selama 2 siklus dengan tema numbers. (3) nilai siswa kelas IV C mengalami peningkatan sebesar 31,2% pada aspek teknik penulisan, 46,5% pada aspek grammar dan 13,2% pada aspek kreativitas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ali, Nur | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Poster Comment; Kemampuan Menulis | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Meirisa Anggraeni | ||||||
Date Deposited: | 08 Feb 2023 08:02 | ||||||
Last Modified: | 08 Feb 2023 08:02 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46271 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |