Muashomah, Binti Faridatul (2009) Penerapan Strategi Reading Guide dan Index Card Matc untuk meningkatkan Motivasi belajar tentang Akhlak Terpuji pada Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Cengkok Ngronggot Nganjuk. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07140050.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Berhasil atau tidaknya suatu pendidikan salah satunya adalah karena guru. Maka Guru merupakan komponen paling menentukan dalam sistem pendidikan secara keseluruhan, yang harus mendapat perhatian sentral, pertama dan utama. Oleh karena itu, Guru harus pandai memilih strategi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan anak didik agar supaya anak didik merasa senang dalam belajar. Salah satu alternatif yang digunakan yaitu dengan menerapkan strategi Reading Guide dan Index Card Matc pada saat kegiatan belajar berlangsung sehingga hasil pendidikan yang sesuai dapat terwujud dengan harapan kita. Dengan Penerapan strategi Reading Guide dan Index Card Matc ini mengajak siswa untuk ikut berperan aktif dalam melaksanakan pembelajaran, karena di dalam strategi Reading Guide dan Index Card Matc terdapat beberapa strategi dan teknik yang dapat menciptakan suasana belajar menjadi efektif, efisien dan menyenangkan.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan proses merencanakan pembelajaran menggunakan strategi reading guide dan index card matc untuk meningkatkan motivasi belajar tentang akhlak terpuji pada siswa kelas V MIN Cengkok Ngronggot Nganjuk. (2) Untuk mendiskripsikan proses melaksanakan pembelajaran menggunakan strategi reading guide dan index card matc untuk meningkatkan motivasi belajar tentang akhlak terpuji pada siswa kelas V MIN Cengkok Ngronggot Nganjuk. (3) Untuk mendiskripsikan proses mengevaluasi pembelajaran menggunakan strategi reading guide dan index card matc untuk meningkatkan motivasi belajar tentang akhlak terpuji pada siswa kelas V MIN Cengkok Ngronggot Nganjuk.
Penelitian yang penulis lakukan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan beberapa metode yaitu: metode observasi, metode dokumentasi dan metode wawancara, adapun yang menjadi responden adalah guru mata pelajaran akidah akhlak kelas V dan semua siswa kelas VA MIN Cengkok. Sedangkan untuk menganalisisnya penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif yaitu berupa data- data yang tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang diamati, sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Selain itu, untuk mendukung uraian dari keadaan yang sebenarnya di lapangan, disini penulis sertakan tabel sebagai pelengkap data.
Proses perencanaan pembelajaran dalam penelitian ini melalui Strategi Reading Guide dan Index Card Match, yang terdiri dari 2 siklus 3 kali pertemuan. Siklus pertama terdiri dari dua kali pertemuan dan siklus kedua satu kali pertemuan. Dalam perencanaan, peneliti menyusun rencana pelaksaan pembelajaran, membuat media pembelajaran menyusun instrumen observasi untuk mengamati siswa dalam kegiatan belajar. Dan sebelum pelajaran dimulai diadakan pre test telebih dahulu untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi akhlak terpuji, dengan menggunakan pembelajaran konvensional.
Proses pelaksanaan pembelajaran dalam penelitian ini dilakukan sesuai dengan rencana yang telah disusun, pada siklus I, pertemuan pertama indikator yang harus dicapai yaitu mengetahui arti optimis, qanaah dan tawakal, menunjukkan contoh-contoh sifat-sifat optimis, qanaah dan tawakal, dan menunjukkan keuntungan sifat optimis, qanaah dan tawakal. pertemuan kedua mengadakan evaluasi yaitu bersama-sama siswa mengerjakan soal tentang materi minggu lalu. Pada siklus II hampir sama dengan siklus I, hanya saja untuk memberikan pemahaman kepada siswa secara garis besar.
Proses pelaksanaan evaluasi dalam pembelajaran ini dilakukan pada setiap pertemuan setelah proses pembelajaran berlangsung. Penilaian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat keberhasilan siswa dalam menggunakan strategi yang telah diterapkan. Tingkat keberhasilan kelas dalam setiap siklusnya mengalami peningkatan, yaitu mulai dari pre test yang rata-rata 60,8 meningkat pada siklus I menjadi 70,2 kemudian meningkat lagi pada siklus II menjadi 83,1. Sedangkan pada motivasi belajar siswa juga mengalami peningkatan dari pre test yang semula 1,5 meningkat menjadi 1,9 dan meningkat lagi menjadi 2,5. Dari hasil penilaian dapat dibuktikan bahwa penerapan strategi reading guide dan index card match dapat meningkatkan motivasi belajar akhlak terpuji pada siswa kelas VA MIN Cengkok-Ngronggot-Nganjuk.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sahlan, Asmaun | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Strategi Reading Guide; Index Card Matc; Motivasi | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Meirisa Anggraeni | ||||||
Date Deposited: | 08 Feb 2023 08:06 | ||||||
Last Modified: | 08 Feb 2023 08:06 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46264 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |